1.764 Formasi PPPK 2023 untuk Tanah Bumbu, Ini Perinciannya

Senin, 07 Agustus 2023 – 09:00 WIB
Sekda Tanah Bumbu H. Ambo Sakka. (ANTARA/Sujud

jpnn.com - TANAH BUMBU - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menetapkan formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sebanyak 1.764.

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka mengatakan formasi tersebut terdiri atas 1.157 tenaga guru, 491 tenaga kesehatan, dan 116  tenaga teknis.

BACA JUGA: Seusai Seleksi PPPK 2023 Guru Honorer & Teknis Masih Membeludak, 2024 jadi ASN Semua?

"Kuota PPPK yang diberikan kepada pemerintah daerah berdasarkan Keputusan MenPAN-RB Nomor 546 Tahun 2023 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023," kata Ambo di Batulicin, Senin (7/8).

Pihaknya masih menunggu mekanisme dan petunjuk teknis pelaksanaan dari KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kabar Gembira untuk PPPK, Disodori Angka Gaji, Honorer K2 Protes

Selanjutnya, hasil akan diumumkan kepada publik melalui pengumuman bupati.

Ambo meminta bakal calon peserta agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK 2023.

BACA JUGA: Menjelang Seleksi PPPK 2023, Honorer K2 Teknis Administrasi Protes, Sebut Istri Simpanan 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu Rusdiansyah menambahkan pelamar atau guru yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon PPPK harus terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik).

Sesuai target pemerintah pusat, Rudiansyah menyebutkan penerimaan PPPK di Kabupaten Tanah Bumbu akan diprioritaskan kepada tenaga honorer guru yang sudah memenuhi kualifikasi persyaratan.

“Salah satunya memiliki dapodik yang menjelaskan berapa lama mengabdi dan usia maksimal 57 tahun atau setahun sebelum masa PPPK berakhir," tutur Rusdiansyah.

Dia mengatakan pendaftaran akan dibuka pada September 2023. Untuk tahap selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi peserta yang sudah mendaftarkan diri.

"Sejauh ini, jumlah guru di Kabupaten Tanah Bumbu yang statusnya honorer sebanyak 2.000 orang dan jumlah formasi yang dibuka sebanyak 1.157 formasi," ungkap Rudiansyah. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler