2 Beras Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Lho

Rabu, 25 November 2020 – 06:25 WIB
Ilustrasi beras merah.

jpnn.com, JAKARTA - KETIKA Anda menderita diabetes, apa yang kamu makan adalah bagian besar dari menjaga kadar gula darah pada tingkat yang aman, dan mencegah lonjakan gula darah.

Saat merencanakan diet untuk membantu mencapai gaya hidup yang lebih sehat dengan diabetes, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah aman mengonsumsi nasi?

BACA JUGA: 9 Manfaat Mengonsumsi Beras Merah

Sebenarnya, ada beberapa beras yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: 3 Tips Sehat Makan Mie Instan untuk Penderita Diabetes

1. Beras Merah

Jadi, beras ini aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes. Tidak hanya indeks glikemiknya yang rendah, kandungan serat dalam beras merah pun cukup banyak dibandingkan beras putih.

BACA JUGA: Beras Basmati Diluncurkan, Kementan: Beras Kita Layak ekspor

Hal ini membuat beras merah tidak banyak memengaruhi kadar gula darah karena serat bisa menghambat pelepasan glukosa (gula) ke dalam darah.

2. Beras Basmati

Beras basmati merupakan salah satu jenis beras paling sehat untuk diabetes.

Hal ini karena beras basmati memiliki indeks glikemik sekitar 43-60, yang termasuk dalam kategori indeks glikemik rendah sampai sedang.

Sehingga, beras basmati lebih aman untuk kadar gula darah. Adanya serat dalam makanan yang kita makan bisa membuat kadar gula darah lebih terkontrol.

Sekadar catatan, walau pun beras basmati dan beras merah paling sehat untuk diabetes, tetapi sebaiknya tetap perhatikan porsi yang dikonsumsi.

Beras basmati dan beras merah tetap karbohidrat yang bisa memengaruhi kadar gula darah, walau pun tidak seburuk beras putih.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler