2011, Masyarakat Indonesia Bisa Berobat Gratis

Senin, 17 Mei 2010 – 18:41 WIB

 JAKARTA - Masyarakat Indonesia bakal bisa menikmati pengobatan gratis pada 2011Jika pemerintah dan DPR memberikan dukungan anggaran, PT Askes merasa mampu menutupi biaya pengobatan bagi masyarakat.

Hal itu diungkapkan Dirut PT Askes I Gede Subawa, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI dengan PT Askes, Senin (17/5)."Memang ini baru wacana, tapi kalau pemerintah dan DPR serius ingin memberikan layanan gratis ke masyarakat, PT Askes siap melayaninya dengan premi Rp10 ribu per jiwa," ujar Subawa.

Menurutnya, dari hitung-hitungan yang ada, jumlah masyarakat Indonesia yang belum mendapat jaminan kesehatan mencapai 78 juta jiwa

BACA JUGA: Daerah Pemekaran Disiapkan 5 Tahun

Subawa mengungkapkan, mayoritas anggota masyarakat yang belum terlindungi asuransi kesehatan adalah pekerja sektor informal.

"Itupun belum dikurangi dengan pekerja sektor informal yang ikut asuransi
Karena ada juga pekerja sektor informasil yang membayar asuransi kesehatannya sendiri," kata Subawa dalam RDP dengan Komisi IX DPR RI, Senin (17/5).

Jika ditambah fakir miskin, anak terlantar sekitar 76,4 juta jiwa dengan hitungan premi (kelas III) per orang adalah Rp10 ribu, maka dana yang dibutuhkan sekitar Rp19-20 triliun

BACA JUGA: Mendagri: Ada Daerah Otonom Berpenduduk 12 Ribu

Jumlah ini jika bisa dianggarkan oleh DPR dan pemerintah dalam APBN 2011, akan sangat mungkin bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat berobat gratis di rumah sakit.

Lebih lanjut dikatakan, dari 230 juta jiwa penduduk Indonesia, pekerja sektor formal yaitu PNS, TNI Polri, karyawan swasta/BUMN/BUMD, yang telah memiliki jaminan kesehatan ada sekitar 70-80 juta jiwa
Sedangkan yang mendapatkan layanan berobat gratis hanya orang tidak mampu saja.(Esy/jpnn)

BACA JUGA: 26 Mei, Sri Mulyani Tinggalkan RI

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendaftaran Calon Ketua KPK Mulai 25 Mei


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler