Mendagri: Ada Daerah Otonom Berpenduduk 12 Ribu

Senin, 17 Mei 2010 – 17:30 WIB
JAKARTA – Mendagri Gamawan Fauzi mengungkapkan adanya daerah otonom yang hanya memiliki penduduk berjumlah sekitar 12 ribu jiwaHanya saja Gamawan tidak menyebutkan daerah mana yang dimaksudkan tersebut

BACA JUGA: 26 Mei, Sri Mulyani Tinggalkan RI

Namun menurutnya, adanya daerah otonom yang tidak efektif tersebut merupakan bukti kurang ketatnya persyaratan pembentukan daerah otonom baru.

"Dengan jumlah penduduk yang sedikit ini, maka pemerintahan menjadi  akan kurang efektif seperti yang diharapkan
Sehingga sulit bagi daerah tersebut berkembang dan bisa bersaing dengan daerah-daerah lain termasuk daerah otonomi baru.  Saat ini daerah tersebut sedang kita cek, berapa jumlah dinas-dinasnya dan instansi lainnya, jangan-jangan 50 persen dari penduduknya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS)," ucap Gamawan.

Ditambahkan Mendagri, banyaknya bermunculan daerah-daerah yang ingin memisahkan diri dari daerah otonom induk saat ini menyebabkan kesejahteraan masyarakatnya cenderung stagnan dan bahkan akan menurun.
 
Disebutkan Gamawan, hasil dari evaluasi eksternal dan internal yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menunjukkan bahwa terbentuknya daerah-daerah otonomi baru saat ini tidak sebanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan umum dan peningkatan daya saing daerah.

"Jika fonomena ini terus berlangsung, maka patut dikawatirkan akan terjadi permasalahan serius dalam implementasi otonomi daerah ke depan

BACA JUGA: Pendaftaran Calon Ketua KPK Mulai 25 Mei

Bila pelayanan pemerintah daerah semakin menurun, kesejahteraan masyarakat pasti semakin sulit diwujudkan
Sehingga keberadaan daerah otonomi baru dapat menurunkan kepercayaan masyarakat," pungkasnya.(yud/jpnn)

BACA JUGA: 1 Juni, Seluruh Masyarakat Aceh Dapat Askes

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Belum Tingkatkan Status Nunun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler