3 Cara Menciptakan Durasi Tidur yang Sesuai

Jumat, 23 November 2018 – 04:52 WIB
Ilustrasi tidur. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, jumlah waktu tidur rata-rata untuk orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam per hari. Namun sayangnya tak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur tujuh sampai delapan jam.

BACA JUGA: Pengobatan Jarak Jauh Makin Diminati Masyarakat

Untuk mendapatkan waktu tidur yang seperti itu, berikut beberapa upaya yang bisa Anda lakukan:

1.Biasakan olahraga secara rutin dan teratur

BACA JUGA: Mengungkap Efek Negatif dari Minum Es

Olahraga rutin dan teratur akan membantu memperbaiki kualitas tidur. Kuncinya, lakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari sebanyak tiga kali seminggu.

Tak perlu olahraga intensitas berat, Anda bisa berjalan, berlari, bersepeda, yoga, atau lainnya yang sesuai dengan minat dan kondisi kesehatan.

BACA JUGA: 5 Kiat Agar Anda Semangat Berolahraga

2.Membuat jadwal tidur

Mempertahankan waktu tidur reguler sangat penting untuk kualitas tidur. Jadi, akan lebih baik bila Anda memiliki waktu tidur yang wajib ditepati setiap harinya.

3.Konsultasikan pada dokter

Jika Anda merasa sering mengantuk atau butuh waktu tidur yang lebih banyak daripada orang kebanyakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada suatu penyakit yang mendalangi rasa kantuk yang Anda miliki.

Hindari terlalu banyak tidur di akhir pekan jika tak ingin kesehatan Anda terancam. Terapkanlah pola tidur teratur, dengan kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan anjuran.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Olahraga ini Cocok untuk Pekerja Kantor


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler