3 Hari Digelar, Pertamina SMEXPO Yogyakarta Bukukan Transaksi Capai Rp 147 Juta

Rabu, 04 September 2024 – 12:00 WIB
Penyelenggaraan Pertamina SMEXPO merupakan salah satu dukungan pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Pertamina. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, YOGYAKARTA - Para pengunjung Plaza Ngasem, Yogyakarta selama tiga hari dimanjakan dengan produk-produk kerajinan, fashion, dan kuliner milik 30 UMKM mitra binaan Pertamina, dalam pameran Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Yogyakarta 2024.

Para mitra binaan berhasil menjual 4.285 produk makanan dan 3.474 produk nonmakanan dengan nilai transaksi menembus Rp147,7 juta.

BACA JUGA: BUMN Energi Tanzania Gandeng Pertamina untuk Jajaki Peluang Baru Sektor Hulu Migas

Produk non-makanan, seperti fesyen, kerajinan, dan produk lubricants, menyumbang nilai transaksi terbesar, yakni Rp105,9 juta.

Produk “Mutiara Handycraft” milik Sobat Istimewa, Irma Suryati menjadi produk terlaris, 2.259 produk kerajinan dari kain perca berhasil terjual dengan nilai transaksi sebesar Rp25,5 juta.

BACA JUGA: Pegadaian Liga 2 Bakal Turut Memajukan Perekonomian Daerah

Sementara dari produk makanan, abon nabati “Abon Daun Emas” milik Anis Riyati Primastuti, berhasil menjual 679 produk dengan nilai transaksi Rp7,9 juta.

“Terima kasih Pertamina, sudah mengajak kami para UMKM dalam pameran Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024 selama tiga hari ini. Kami tidak menyangka, ribuan produk kerajinan kami bisa terjual dengan cepat di lokasi yang menjadi tempat ikon kuliner Jogja. Alhamdulillah omset Mutiara Handycraft tembus 25 juta dan paling penting, kami ditemukan dengan 4 buyer yang akan order terus menerus,” ujar Irma.

BACA JUGA: Layanan IVF di Grup RS Siloam Bisa jadi Solusi untuk Memiliki Anak

Pertamina SMEXPO Yogyakarta juga menjadi ajang Temu Bisnis bagi para UMKM dengan para pelaku bisnis, baik korporasi, hotel maupun pedagang besar lainnya.

Tercatat, UMKM peserta Pertamina SMEXPO Yogyakarta telah mendapatkan komitmen pesanan ratusan produk dengan potensi nilai transaksi hingga mencapai Rp2,5 miliar.

Pesanan ini datang untuk produk fashion (seragam), craft (souvenir korporasi dan dekorasi interior) dan F&B (minuman herbal tradisional).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan pencapaian yang diraih Pertamina SMEXPO Yogyakarta berkat semangat dan inovasi produk yang ditampilkan dari para UMKM mitra binaan.

“Pencapaian Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024 dapat diraih karena semangat mitra binaan dalam membuka pasar, mencari strategi berjualan, dan menyediakan produk-produk terbaik untuk menarik pengunjung. Harapan kami, Pertamina SMEXPO dapat menjadi agenda tahunan yang dapat membuat UMKM Lokal jadi Vokal, sehingga memiliki daya saing tinggi di lingkup nasional maupun global,” ujar Fadjar.

Mendorong lahirnya UMKM lokal berdaya saing, Pertamina SMEXPO Yogyakarta juga menyelenggarakan lima talkshow seputar program pembinaan UMKM Pertamina, strategi pemasaran, peningkatan kualitas produk dan mentalitas entrepreneur.

Kemeriahan juga terlihat dengan adanya empat workshop kerajinan tangan, antara lain ecoprint, fluppy bag, rangkai bunga dalam vas, dan karya seni keramik yang total pesertanya 203 generasi muda. Pertamina SMEXPO Yogyakarta juga menghadirkan olahraga yang sedang tren di kalangan generasi muda, yakni pound fit yang diikuti oleh 60 peserta.

Pertamina SMEXPO, merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada poin ke-8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua serta implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler