3 Herbal Ajaib Ini Bantu Jaga Kesehatan Jantung Anda

Sabtu, 20 November 2021 – 07:57 WIB
Cabai Rawit. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - JANTUNG merupakan organ terpenting tubuh. Jantung berfungsi mengedarkan darah ke bagian tubuh Anda.

Untuk itu, menjaga kesehatan jantung tentu merupakan satu hal yang wajib Anda lakukan.

BACA JUGA: Awas, Penderita Penyakit ini Berisiko Gagal Jantung

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Mulai dari olahraga, menerapkan pola gaya hidup yang sehat, menghindari berbagai makanan yang mengandung lemak dan lainnya.

BACA JUGA: Konsumsi 7 Herbal Ini, Tekanan Darah Tinggi Langsung Ambrol

Selain itu, ada beberapa herbal yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Wellandgood.

BACA JUGA: 8 Penyebab Serangan Jantung, Pria Memiliki Risiko Lebih Tinggi Lho

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung berbagai macam mineral, termasuk tembaga, besi, seng, magnesium, germanium, dan terutama selenium.

Selain itu, bawang putih mengandung senyawa belerang, vitamin A dan C, serat, dan berbagai asam amino yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Cabai rawit

Cabai rawit tinggi antioksidan. Cabai rawit sarat dengan vitamin C, B, A, dan E dan mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi.

Salah satu sumber vitamin E, cabai rawit membantu menjaga jantung tetap sehat dan kuat.

Vitamin E secara langsung terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan karena cabai rawit mengandung nutrisi ini yang tinggi, itulah salah satu alasan utama mengapa cabai rawit sangat baik untuk jantung Anda.

Cabai rawit adalah salah satu bumbu dapur yang rasanya lebih pedas dan ini juga menjadikannya ramuan yang bagus untuk kesehatan jantung.

Seperti yang bisa kita buktikan, cabai rawit membantu mengeluarkan keringat, alias rempah-rempah yang merangsang keringat.

Rasa panasnya berasal dari konsentrasi tinggi capsicum, zat yang telah meningkatkan sirkulasi darah selama berabad-abad.

Ini adalah capsicum yang memberi cabai rawit kekuatan untuk memompa darah secara efisien, merangsang tingkat metabolisme tubuh, dan membantu membersihkan lemak dari arteri.

3. Hawthorn

Hawthorn memang kurang terkenal daripada bawang putih dan cabai rawit, tetapi ini adalah herbal alami yang sangat direkomendasikan untuk ditambahkan ke daftar jantung sehat Anda.

Faktanya, ini adalah ramuan nomor satu untuk kesehatan jantung.

Hawthorn mengandung antioksidan kuat, baik di bunga dan daunnya, dan mendukung jantung Anda dengan berbagai cara, terutama dengan mengurangi peradangan.

Karena profil antioksidannya, hawthorn membantu menurunkan kolesterol, dan menghambat penumpukan plak, menurunkan tekanan darah, dan melebarkan pembuluh koroner, yang meningkatkan aliran darah dan meningkatkan suplai darah ke jantung.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler