4 Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Kamis, 29 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Kacang Almond. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - JANTUNG merupakan organ terpenting manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya.

Menjaga pola makan seimbang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah penambahan berat badan, mengurangi risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain itu, siapa yang tidak menyukai jantung yang sehat?

BACA JUGA: Atasi Stres dengan Mengonsumsi 10 Makanan Bergizi Ini

Selain rutin berolahraga dan menghindari makanan tidak sehat secara berlebihan, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan pola makan yang benar.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.in.

BACA JUGA: 5 Sayuran yang Baik untuk Jantung

1. Kacang almond

Lemak perut sering dikaitkan dengan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, dan peningkatan kadar trigliserida, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Studi menunjukkan bahwa mengemil makanan seperti almond secara teratur membantu mengurangi lemak perut.

BACA JUGA: 5 Manfaat Ajaib Makanan Fermentasi, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Memasukkan kacang almond sebagai bagian dari pola makan sehat bisa membantu menurunkan faktor risiko dengan mengendalikan dislipidemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi serta kadar kolesterol HDL yang rendah.

Pastikan untuk makan segenggam almond setiap hari untuk mengatur berat badan dan lingkar pinggang Anda dengan lebih baik, sekaligus menambah kesehatan jantung kamu.

2. Makanan kaya Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3, yang telah dipelajari secara ekstensif manfaatnya bagi kesehatan jantung.

Asam lemak omega-3 dari ikan berlemak memiliki peran protektif terhadap risiko penyakit jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan aritmia.

Studi lain menunjukkan bahwa makan ikan dalam jangka panjang menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida darah, gula darah puasa, dan tekanan darah sistolik.

3. Biji-bijian

Sejumlah penelitian menemukan bahwa menambahkan biji chia dan biji rami ke dalam makanan Anda bisamemperbaiki banyak faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida.

Mereka adalah sumber nutrisi yang menyehatkan jantung, termasuk serat dan asam lemak omega-3.

Penelitian telah menunjukkan bahwa biji rami bisa membantu menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol tetap terkendali.

4. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit selama berabad-abad.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengkonfirmasi khasiat obatnya yang manjur dan menemukan bahwa tanaman ini bahkan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ekstrak bawang putih juga bisa menghambat penumpukan trombosit sehingga mengurangi risiko penggumpalan darah dan strok.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Khasiat Jus Nanas, Bikin Jantung Bahagia


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler