Atasi Stres dengan Mengonsumsi 10 Makanan Bergizi Ini

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Kacang Almond. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - STRES bisa dialami siapa saja, bahkan anak-anak. Stres bisa terjadi karena masalah pekerjaan, asmara, keluarga, pendidikan, dan lainnya.

Memasukkan makanan pereda stres ke dalam pola makan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengelola tingkat stres.

BACA JUGA: 5 Teh Ini Ampuh Redakan Stres yang Anda Rasakan

Ada beberapa makanan yang diketahui bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan kita.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Ndtv.com.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Makanan Super untuk Ibu Hamil

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan makanan yang mengandung flavonoid yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan mood dengan meningkatkan kadar serotonin di otak.

Usahakan mengonsumsi dark chocolate dengan kandungan kakao tinggi (70 persen atau lebih) dan konsumsilah secukupnya untuk menghindari asupan gula berlebihan.

BACA JUGA: Wanita Rentan Stres, Meiline Tenardi Ingatkan Pentingnya Kesehatan Mental

2. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, terutama vitamin C, yang bisa membantu melawan stres dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.

Nikmati segar atau beku dalam smoothie, oatmeal, atau yogurt untuk camilan bergizi.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan potasium, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Tambahkan irisan alpukat ke dalam salad, sandwich, atau smoothie untuk menambah rasa krim dan memuaskan pada makanan Anda.

4. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang terbukti menurunkan kadar kortisol dan mengurangi kecemasan.

Panggang atau panggang fillet salmon dan sajikan dengan sayuran untuk hidangan lezat dan bergizi.

5. Bayam

Bayam kaya akan magnesium, yang memainkan peran penting dalam mengatur kadar kortisol dan meningkatkan relaksasi.

Gabungkan bayam ke dalam salad, telur dadar, sup, atau smoothie untuk menambah kaya nutrisi.

6. Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan pistachio kaya akan lemak sehat, protein, dan serat, yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi stres.

Nikmati segenggam kacang sebagai camilan atau taburkan di atas salad, oatmeal, atau yoghurt untuk menambah kerenyahan dan rasa.

7. Oatmeal

Oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang bisa membantu meningkatkan produksi serotonin di otak, meningkatkan perasaan tenang dan rileks.

Mulailah hari Anda dengan semangkuk oatmeal yang diberi buah-buahan, kacang-kacangan, dan sedikit madu untuk sarapan yang menenangkan dan menghilangkan stres.

8. Teh kamomil

Teh kamomil dikenal karena khasiatnya yang menenangkan dan bisa membantu mengurangi kecemasan serta meningkatkan kualitas tidur.

Seduh secangkir teh kamomil dan nikmati sepanjang hari untuk membantu menenangkan saraf dan menenangkan pikiran Anda.

9. Yoghurt Yunani

Yoghurt Yunani kaya akan protein dan probiotik yang bisa membantu mendukung kesehatan usus dan meningkatkan suasana hati.

Nikmati yoghurt Yunani sebagai camilan atau masukkan ke dalam smoothie, parfait, atau saus untuk camilan yang lembut dan bergizi.

10. Teh hijau

Teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi tanpa menyebabkan kantuk.

Seduh secangkir teh hijau dan minumlah sepanjang hari untuk membantu menenangkan pikiran serta meningkatkan fokus dan konsentrasi.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 12 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Hati


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler