4 Minuman Pereda Radang karena Jerawat

Jumat, 29 Maret 2019 – 21:53 WIB
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Jerawat memang kerap menjadi masalah dalam berpenampilan. Mood seketika rusak saat benjolan kecil itu muncul di wajah. Apalagi jika jerawat itu mulai meradang dan tak kunjung kempes.

Namun tidak usah stres dengan masalah itu. Sebab, ada empat minuman yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah jerawat. Apa saja itu?

BACA JUGA: 3 Cara Sederhana ini Bisa Hilangkan Jerawat Membandel

Teh hijau

BACA JUGA: Lindungi Tubuh Anda dari Polusi dengan 3 Ramuan Herbal Ini

Teh hijau dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Fungsinya antara lain sebagai antioksidan, dan antiinflamasi yang mengontrol oksidasi sebelum jerawat muncul. Selain itu, kandungan ekstrak etanoliknya mampu menghambat pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus, yang jadi salah satu penyebab jerawat. Namun, bukan berarti teh hijau mampu sepenuhnya menghilangkan jerawat. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa teh hijau hanya membantu mengurangi peradangan jerawat.

Kunyit

BACA JUGA: Ketahui Efek Samping Tak Terduga dari Minyak Zaitun untuk Kulit

Kunyit biasa diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Kandungan curcumin pada kunyit, memilki manfaat sebagai antiinflamasi dan antifungal yang mampu mengatasi peradangan jerawat. Antiseptiknya juga mampu mengatasi masalah bakteri penyebab jerawat. Kunyit akan membantu darah menjadi lebih bersih. Selain itu, kemampuan khususnya juga membuat jerawat tidak terinfeksi, dan mematikan bakteri pada jerawat.

Air Putih

Hanya dengan meminum air putih, terutama air hangat dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi masalah jerawat. Tidak percaya? Air putih dapat membantu menyaring racun, dan menetralisir radikal bebas. Selain itu, meminum air putih secara cukup, dapat memproduksi keringat yang keluar melalui pori-pori. Dengan begitu, kotoran pun ikut keluar lewat pori-pori. Secara otomatis, hal tersebut membuat kulit wajah menjadi lebih bersih.

Cobalah untuk rutin minum air putih dua gelas setelah bangun tidur pagi. Waktu tersebut cukup tepat, karena saat kamu tidur selama 7-8 jam, tubuh sama sekali tidak mendapatkan cairan baru. Usahakan minum satu gelas air putih setiap tiga jam. Jangan meminum banyak air dalam sekali waktu, karena akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih berat.

Teh spearmint

Kandungan teh spearmint juga bisa menjadi pereda jerawat. Sesuai dengan namanya, teh spearmint merupakan salah satu keluarga teh mint. Sifatnya yang antiandrogenik, secara alami mampu membantu melawan radang jerawat. Konsumsi satu sampai dua cangkir teh spearmint setiap harinya, untuk takaran ideal. Jangan gunakan gula, jika ingin meminum spearmint untuk mengatasi masalah jerawat. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Efektifkah Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler