4 Negara Dongkrak Jumlah Orang Kaya di Dunia

Kamis, 10 Maret 2011 – 18:38 WIB

MAJALAH Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di duniaRusia, Brazil, China dan India menjadi negara-negara yang telah mendongkrak jumlah orang terkaya di dunia.

Dalam rilis daftar tahunan 1.209 orang terkaya di dunia, Forbes menyebut bahwa Rusia saat ini paling banyak menghasilkan milyader

BACA JUGA: Opsi Kenaikan Premium Lebih Mudah

Bekas negeri komunis itu menyumbangkan 79 orang dalam daftar orang-orang terkaya dunia
Selanjutnya New York, disebut Forbes memiliki 58 milyader.

Sementara pendiri Microsoft, Bill Gates, berada di posisi kedua dengan pertumbuhan kekayaan mencapai  USD 56 miliar dari USD 53 miliar pada tahun lalu

BACA JUGA: Pemda Diminta Ikut Awasi Distribusi BBM

Sedangkan Warren Buffett yang kekayaannya naik dari USD 47 miliar menjadi USD 50 miliar, lagi-lagi berada di posisi ketiga.

Dalam laporannya Forbes menyebut bahwa China hampir menggandakan jumlah milyader menjadi 115
Angka itu merupakan yang pertama kali bagi negara di luar Amerika Serikat yang menghasilkan lebih dari 100 milyader.

India juga menambah enam milyader, sehingga 55 warganya masuk dalam daftar orang terkaya dunia

BACA JUGA: BBM Langka, Hatta Minta Awasi Spekulan

"Namun kekayaan bersih (India) rata-rata sangat besar, yaitu mencapai $ 4,5 miliar untuk seorang miliarder, sedangkan Cina hanya mencapai $ 2,5 miliar," ujar Chief Executive Forbes, Steve Forbes seperti dikutip REUTERS.

Lonjakan milyader di Rusia disebabkan oleh ledakan komoditas baja dan minyakSedangkan jumlah milyader di Brazil bertambah seiring berasal dari pengetatan keuangan dan pengetatan nilai tukar

Brazil, Rusia, India dan China menyumbang setengah dari daftar 214 miliyader dunia yang baruSedangkan kawasan Asia Pasifik menyumbang 105 pendatang baru, dengan 3/4 di antaranya memperoleh kekayaan dari saham di perusahaan publik.

Di seluruh dunia, industri teratas yang menghasilkan miliader baru ialah energi, mode, ritail, manufaktur, keuangan dan sejenisnyaKekayaan rata-rata milyader di dunia melonjak 25 persen menjadi USD 4,5 triliyun dan nilai rata-rata bersih naik menjadi USD 3,7 miliyar dari USD 3,5 miliyarAda 47 orang yang keluar dari daftar.  Sedangkan jumlah perempuan di jajaran milyader meningkat menjadi 102 dari 89 orang pada tahun lalu.

Dalam daftar orang terkaya itu, konglomerat Meksiko, Carlos Slim, masih berada di urutan pertamaSlim selama dua tahun berturut-turut menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang melonjak dari USD 20,5 milyar menjadi USD 74 miliarNamun Forbes juga mencatat bahwa Bill Gates akan masih menjadi orang terkaya di dunia jika dia tidak memberikan USD 280 miliar ke yayasannya.

Sementara pendiri Microsoft, Bill Gates, berada di posisi kedua, dengan pertumbuhan kekayaan mencapai USD 56 miliyar dari 53 miliar pada tahun lalu, dan investor Warren Buffett lagi-lagi  berada di posisi ketiga dengan USD 50 miliyar, naik dari USD 47 miliar.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia Berniat Ekspor Pupuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler