4 Suplemen yang Bisa Atasi Stres Berlebihan, Aman Dikonsumsi

Senin, 28 Februari 2022 – 06:24 WIB
Obat-Obatan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - STRES kini banyak dialami orang. Stres bisa diakibatkan karena berbagai hal.

Mulai dari beban kerja, masalah pribadi, penyakit, dan berbagai hal lainnya. Stres adalah masalah yang jelas perlu kita atasi, tetapi apa yang bisa kita lakukan?

BACA JUGA: 3 Trik Atasi Stres Saat WFH

Kabar baiknya adalah ada banyak strategi yang telah terbukti efektif untuk menghilangkan stres.

Misalnya, makan makanan yang sehat, cukup tidur, berolahraga secara teratur, berbicara dengan teman atau profesional kesehatan mental, dan terlibat dalam teknik relaksasi dan meditasi.

BACA JUGA: 3 Jenis Suplemen Terbaik yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi

Alat penghilang stres lain yang Anda inginkan adalah suplemen makanan.

Beberapa di antaranya telah terbukti membantu menurunkan tingkat kecemasan, mengatasi masalah tidur, meredakan gejala depresi, dan banyak lagi.

BACA JUGA: 5 Suplemen Ajaib Ini Ampuh Menurunkan Gula Darah yang Meroket Tajam

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Everydayhealth.

1. Ashwagandha

Juga disebut cherry musim dingin dan ginseng India, tanaman ini telah menjadi bagian integral dari pengobatan Ayurveda selama berabad-abad.

Ashwagandha adalah apa yang dikenal sebagai adaptogen, yang berarti dipercaya untuk melawan penyakit dan mengatur efek stres pada tubuh.

Ilmu di balik ashwagandha untuk mengurangi stres dan kecemasan cukup menjanjikan, dan ada alasan untuk berpikir ashwagandha juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur.

2. L-theanine

L-theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh hijau, diyakini memiliki efek relaksasi, di antara manfaat kesehatan lainnya.

Efek anti-stres L-theanine telah ditunjukkan dalam penelitian juga bisa membantu untuk meningkatkan fokus, memori, dan kemampuan verbal.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2019 di jurnal Nutrients, 30 orang dewasa sehat diberi 200 mg L-theanine atau plasebo setiap malam selama empat minggu.

Setelah itu para peneliti melihat penurunan dalam tiga gejala terkait stres, masalah tidur, depresi, dan kecemasan pada kelompok yang menerima suplemen.

3. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang digunakan tubuh untuk mengatur lusinan proses, mulai dari fungsi saraf dan otot hingga sintesis protein dan tulang.

Sejauh ini, penelitian menunjukkan suplemen magnesium mungkin membantu pada orang yang memiliki kecemasan ringan.

4. Melatonin

Melatonin, hormon yang dibuat di kelenjar pineal, dilepaskan saat hari mulai gelap, membantu menjaga jam internal Anda tetap pada jalurnya dan membuat tubuh kamu prima untuk tidur.

Melatonin terkenal untuk membantu orang tertidur di malam hari, tetapi juga bisa membantu menurunkan tingkat kecemasan pada orang yang dijadwalkan untuk operasi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler