40 Persen DPT Pemilih Pemula, Sosialisasi Harus Lebih Gencar

Sabtu, 05 Oktober 2024 – 18:06 WIB
Kegiatan sosialisasi oleh pihak KPU di salah satu SMA di Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu (5/10/2024). ANTARA/HO-KPU Karimun.

jpnn.com - BATAM - Data menunjukkan sekitar 40 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada Kepulauan Karimun 2024 merupakan pemilih pemula.

Menghadapi kondisi ini Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Mardanus menilai sosialisasi harus lebih gencar dilakukan.

BACA JUGA: Jumlah Peserta Pilkada Gorontalo Utara Kembali 3 Pasangan

"Pemilih pemula di Karimun 40 persen dari DPT karena pemilih pemula termasuk purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri)," ujar Mardanus saat dihubungi dari Batam, Sabtu (5/10).

Dia mengatakan banyak dari pemilih pemula merupakan Generasi Z yang berumur di bawah 27 tahun. Selain itu, juga banyak masyarakat yang belum merekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) dan masyarakat pindahan ke Karimun.

BACA JUGA: 2 Peserta Pilkada Situbondo Dapat Fasilitas Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul

"Maka, sosialisasi menjadi fokus utama KPU dalam memastikan partisipasi cerdas dalam Pilkada 2024," ucapnya.

Selain pemilih pemula, kata dia, KPU Karimun juga memperhatikan pemilih milenial yang jumlahnya mencapai 33 persen dari DPT.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Curhat ke Khofifah, Sulit Bersaing di Era Daring

Total DPT di Karimun dibagi menjadi beberapa kategori umur. Perinciannya, pemilih dari generasi Z mencapai 25 persen (48.397 orang).

Generasi Y 33 persen (64.614 orang), generasi X 28 persen (54.317 orang), baby boomer 13 persen (24.388 orang) dan pre-boomer hanya satu persen (2.574 orang).

"Sosialisasi harus dilakukan secara masif dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Kami juga bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk instansi seperti Kementerian Agama untuk menyebarkan informasi tentang pilkada," ucapnya.

Materi sosialisasi meliputi tahapan pemilu, peran pemilih, informasi tentang aplikasi KPU untuk mengecek DPT online, syarat pindah memilih, dan ajakan untuk menjadi pemilih yang cermat, serta tidak golput.

"Pilkada adalah ajang memilih pemimpin yang akan menentukan masa depan daerah, dan ini harus menjadi perhatian seluruh masyarakat agar pilkada berjalan lancar, damai, dan terpilihnya pemimpin yang amanah untuk Karimun yang lebih baik," kata Mardanus. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingat, Dilarang Melibatkan Anak Pada Kampanye Pilkada


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler