5 Bahan Alami Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

Selasa, 19 Maret 2024 – 07:18 WIB
Ilustrasi air jahe. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - TEKANAN darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang menyerang orang dewasa.

Tidak hanya obat yang tersedia di apotek, beberapa bahan alami juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah.

BACA JUGA: 4 Makanan dan Minuman Sahabat Terbaik Penderita Tekanan Darah Tinggi

Penggunaannya bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Berikut ini merupakan berbagai bahan alami yang bisa Anda temukan secara mudah dan digunakan di rumah untuk membantu mengontrol hipertensi, seperti dilansir laman Genpi.co.

BACA JUGA: Turunkan Gula Darah Tinggi dengan Menggunakan 5 Bahan Alami Ini

1. Jahe

Jahe tidak hanya membantu menghangatkan tubuh, tetapi juga sering digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan senyawa dalam jahe mampu bertindak mirip obat darah tinggi, seperti calcium-channel blocker (CCB) dan ACE inhibitor.

BACA JUGA: 3 Makanan yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Mudah

2. Seledri

Tanaman alami lain yang bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi alami ialah seledri.

Sayuran hijau ini mengandung senyawa kimia yang disebut phthalide.

Phthalide membantu mengendurkan jaringan pada dinding pembuluh arteri sehingga tekanan darah tinggi yang kamu alami bisa menurun.

Sementara itu, kandungan zat gizi penurun tekanan darah dalam seledri, seperti magnesium dan kalium, juga membantu menjaga tekanan darah normal.

3. Kapulaga

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology (2008) menyebutkan bahwa kapulaga bisa menurunkan tekanan darah dengan menghambat reaksi kalsium dalam tubuh.

Mirip dengan daun basil dan akar kucing, rempah ini menimbulkan reaksi yang sama seperti kerja obat calcium-channel blocker untuk mencegah komplikasi hipertensi.

4. Kayu manis

Selain sebagai penambah cita rasa masakan, kayu manis juga berpotensi menjadi salah satu bahan alami yang bisa mengobati hipertensi.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition (2011) menyebutkan kayu manis membantu penurunan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik, pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Bawang putih

Rempah ini juga dipercaya menjadi obat herbal untuk menurunkan tekanan darah secara alami.

Bawang putih juga diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol yang jadi salah satu faktor penyebab hipertensi.(genpi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Atasi Masalah Rambut Rontok dengan Menggunakan 3 Bahan Alami Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler