5 Berita Terpopuler: Pemerintah Siap Umumkan Kelulusan PPG Prajabatan, Honorer Galau, Wajib Tahu!

Rabu, 13 September 2023 – 06:14 WIB
Dirjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Selasa (13/9) tentang pemerintah siap mengumumkan kelulusan PPG Prajabatan, honorer galau soal RUU ASN, hingga calon PPPK dan honorer wajib tahu janji Menteri Anas soal RUU ASN. Simak selengkapnya!

1. Kemendikbudristek Siap Umumkan Kelulusan PPG Prajabatan, Prioritas PPPK 2023, P1 Bagaimana?

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PNS, PPPK, & Honorer Diverifikasi, Menteri Anas Buka Suara, 4 PermenPAN-RB Terbit

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan segera mengumumkan hasil kelulusan mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Tahun Ajaran 2022/2023.

Menurut Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani, pengumuman akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 15 September 2023.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Jangan Pakai Cara Bahaya untuk Lulus CPNS 2023 & PPPK, Honorer K2 Bisa Jadi Korban, Siap-Siap Saja

Kesepakatan ini terang Dirjen Nunuk, diambil setelah memperhitungkan proses pengolahan dan finalisasi data kelulusan peserta serta proses koordinasi dengan panitia nasional yang terdiri dari pengarah, penanggungjawab, dan pelaksana dari Kemendikbudristek serta perwakilan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara program PPG.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Honorer Bodong Bikin Calon PPPK jadi Korban, Pentolan K2 Buka-bukaan, Bakal Ada Tindakan

Kemendikbudristek Siap Umumkan Kelulusan PPG Prajabatan, Prioritas PPPK 2023, P1 Bagaimana?

2. Ada Info RUU ASN Batal Disahkan Lagi, Pemerintah Tidak Siap? Honorer Galau

Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN) yang rencananya disahkan bulan ini terancam batal.

Ada informasi bahwa RUU ASN yang sudah dinantikan seluruh honorer, PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini belum bisa disahkan, karena sejumlah hal.

"RUU ASN belum bisa disahkan bulan ini. Informasinya pihak pemerintah yang belum mau disahkan," kata sumber resmi JPNN.com yang menolak dipublikasikan namanya itu, Selasa (12/9).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Ada Info RUU ASN Batal Disahkan Lagi, Pemerintah Tidak Siap? Honorer Galau

3. Janji Menteri Anas soal RUU ASN, Pelamar CPNS 2023, Calon PPPK & Honorer Wajib Tahu

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan pernyataan terbaru soal Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN).

Pernyataan Menteri Anas yang disampaikan saat menghadiri Malam Puncak INDONESIA 12AYA KompasTV, di Jakarta, Senin (11/9) malam, wajib diketahui para calon pelamar CPNS 2023 dan PPPK, termasuk para honorer.

Perlu diketahui, pemerintah bersama DPR berupaya menyelesaikan pembahasan RUU ASN secepatnya untuk mengejar tenggat waktu penghapusan non-ASN atau honorer per 28 November 2023.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Janji Menteri Anas soal RUU ASN, Pelamar CPNS 2023, Calon PPPK & Honorer Wajib Tahu

4. Banyak Banget yang Lulus Seleksi PPPK, Hari Ini Masuk Masa Sanggah

Jumlah peserta lulus seleksi PPPK 2022 di Kementerian Agama (Kemenag) setelah dilakukan reformulasi pengisian formasi cukup banyak, yakni mencapai 10.300 orang.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan, jumlah kelulusan PPPK tersebut setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

"Alhamdulillah, koordinasi kami dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berbuah adanya optimalisasi pengisian kebutuhan PPPK. Hari ini kami umumkan 10.300 nama," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan di Jakarta, Senin (11/9).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Banyak Banget yang Lulus Seleksi PPPK, Hari Ini Masuk Masa Sanggah

5. Menteri Anas Tegaskan tidak Ada Penghapusan Tenaga Honorer

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas kembali memastikan tidak akan ada penghapusan 2,3 juta tenaga honorer, yang sebelumnya diisukan dilakukan pada November 2023.

Menteri Anas khawatir apabila terjadi penghapusan honorer maka berdampak pada setiap aspek pelayanan, termasuk tingginya angka pengangguran. Dia menyebut banyak pegawai honorer yang melayani sektor-sektor vital pelayanan publik.

"Yang penting, nanti di November ini tidak akan ada PHK massal untuk 2,3 juta (honorer) ini. Karena kalau 2,3 juta ini ada pemberhentian seperti PP yang tadi, maka ini akan berdampak pada pelayanan publik dan lain-lain," ujar Menteri Anas di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/9).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Menteri Anas Tegaskan tidak Ada Penghapusan Tenaga Honorer

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Honorer Bodong Didepak, Ada Harapan untuk Kondisi Guru, jadi Bahan Bakar Isu Politik?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler