5 Berita Terpopuler: Presiden Mengumumkan Formasi PPPK 2024, Kesempatan Besar untuk Honorer, Aliansi Bereaksi

Sabtu, 06 Januari 2024 – 06:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan segera dibuka. Foto: Tangkapan layar akun Sekretariat Presiden di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Selamat pagi pembaca setia JPNN.com, hari ini kami sajikan berita terpopuler sepanjang Jumat (5/1) tentang Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ada 1,6 juta formasi PPPK 2024, ada kesempatan besar untuk honorer, hingga aliansi honorer usulkan empat hal termasuk formasi PPPK 2024. Simak selengkapnya!

1. MenPAN-RB: Formasi PPPK 2024 untuk Tenaga Teknis Terbanyak, Kesempatan Besar untuk Honorer

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Sisa Honorer Menumpuk pada 2024, tetapi Ada Kabar Gembira dari Istana, Harus Dikawal!

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan formasi PPPK 2024 lebih banyak diperuntukkan bagi honorer.

Tercatat dari formasi PPPK di instansi daerah, sebanyak 419.146 formasi untuk guru, tenaga Kesehatan sebesar 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Penjelasan soal Tunjangan PPPK hingga PNS, Ada Banyak Masalah, Bu Heti Berteriak Lantang

"Tahun ini formasi untuk tenaga teknis lebih banyak dibandingkan guru dan nakes," kata Menteri Anas dalam siaran pers, Jumat (5/1).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Info Terbaru Penghapusan Masa Kontrak PPPK, Aliansi Honorer Meradang, Negara Harus Ganti Rugi

MenPAN-RB: Formasi PPPK 2024 untuk Tenaga Teknis Terbanyak, Kesempatan Besar untuk Honorer

2. Sambangi Kemendikbudristek, Aliansi Honorer Usulkan 4 Hal Termasuk Formasi PPPK 2024 untuk P/TL & Tendik

Aliansi Honorer Nasional (AHN) mendesak pemerintah untuk menuntaskan masalah tenaga non-ASN tahun ini.

AHN juga meminta Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan formasi bagi tenaga kependidikan (tendik) serta guru honorer berstatus P/TL yang tidak terakomodasi dalam seleksi PPPK 2023.

P adalah peserta memenuhi nilai ambang batas, tetapi tidak mendapatkan formasi, sedangkan TL adalah peserta tidak lolos dan tidak memenuhi nilai ambang batas.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Sambangi Kemendikbudristek, Aliansi Honorer Usulkan 4 Hal Termasuk Formasi PPPK 2024 untuk P/TL & Tendik

3. Bukan Hanya Honorer, BKN Juga Menunggu PP Manajemen ASN, Yaelah

Hingga saat ini jutaan honorer yang belum diangkat jadi PPPK menanti terbitnya PP Manajemen ASN yang merupakan regulasi turunan UU Nomor 20 Tahun 2023.

PP Manajemen ASN yang saat ini masih tahap perumusan, bakal mengatur mekanisme pengangkatan honorer jadi PPPK.

Diketahui, data resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) per Oktober 2023, masih ada 2,3 juta honorer.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Bukan Hanya Honorer, BKN Juga Menunggu PP Manajemen ASN, Yaelah

4. Presiden Jokowi Umumkan Formasi PPPK 2024 Sebanyak 1,6 Juta, Fokus untuk Honorer

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 akan segera dibuka.

Sebanyak 2,3 juta formasi disiapkan pemerintah, yang mana terbanyak untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, maka pemerintah harus menyelesaikan tenaga non-ASN tahun ini," kata Presiden Jokowi dikutip dari kanal Sekretariat Presiden di YouTube, Jumat (5/1).

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Presiden Jokowi Umumkan Formasi PPPK 2024 Sebanyak 1,6 Juta, Fokus untuk Honorer

5. Seleksi PPPK Guru 2024, Kemendikbudristek Buka 419.146 Formasi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka 419.146 formasi bagi guru honorer dalam seleksi guru aparatur sipil negara pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (ASN PPPK) pada 2024.

“Baru saja kami mengusulkan formasi untuk (seleksi guru ASN PPPK) 2024, yaitu sejumlah 419.146 formasi,” kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam acara "Ngopi Bareng Bu Nunuk" di Jakarta, Jumat (5/1).

Dirjen Nunuk mengatakan sudah terdapat sekitar 800 ribu guru honorer yang diangkat menjadi ASN PPPK sejak 2021, dari target satu juta guru honorer yang akan menjadi guru ASN PPPK hingga akhir 2024.

Baca selengkapnya, klik link di bawah:

Seleksi PPPK Guru 2024, Kemendikbudristek Buka 419.146 Formasi

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Berita Terpopuler: Ada Selundupan Senpi dari Luar Negeri, 6 Orang Tewas, Pemerintah Dinilai Gagal


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler