5 Cara Mengatasi Serangan Sakit Maag

Minggu, 24 Februari 2019 – 11:19 WIB
Ilustrasi sakit perut karena maag.

jpnn.com - Mag merupakan penyakit saluran cerna yang sering dianggap sepele. Padahal, keadaan yang dalam istilah medis disebut dispepsia itu bisa merenggut nyawa penderitanya, jika dibiarkan terjadi secara tidak terkendali.

Karena itu, penderita mag wajib memiliki pengetahuan tentang tindakan yang harus dilakukan saat keluhan datang. Lalu apa saja?

BACA JUGA: Penderita Sakit Maag, Tolong Hindari Makanan Ini

1.Minum obat mag

Gejala-gejala seperti rasa tidak nyaman atau nyeri di perut dekat ulu hati, rasa panas seperti terbakar di dada, dan perut kembung bisa menjadi tanda bahwa mag sedang kambuh.

BACA JUGA: Penting Anda Ketahui agar Tidak Sakit Maag

Untuk itu, supaya tidak berlanjut atau bertambah parah, penderita mag disarankan untuk segera mengonsumsi obat-obatan yang dapat menghambat produksi asam lambung, menetralkan asam lambung, atau melapisi dinding lambung.

Perhatikan anjuran dosis dan indikasi yang tertera di label kemasan guna menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Yang Perlu Anda Ketahui tentang Sakit Maag, Jangan Sepelekan

2. Konsumsi air putih
Air putih dapat membantu menahan gejolak asam lambung berlebih, yang berkontribusi pada terjadinya gejala-gejala mag.

Hindari mengonsumsi air putih terlalu banyak, karena berpotensi menyebabkan keseimbangan mineral di dalam tubuh. Hal ini justru meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung.

3. Air kelapa
Air kelapa kaya akan kandungan enzim yang berperan dalam menjaga kestabilan sistem  pencernaan dan metabolisme tubuh.

Di samping itu, air kelapa juga mengandung tanin yang berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di lambung. Berkat adanya kombinasi zat tersebut, air kelapa sangat efektif untuk dijadikan terapi alternatif untuk membantu mengendalikan gejala mag yang datang tiba-tiba.

4. Pepaya
Pepaya adalah buah yang mengandung enzim propeolitik (papain), yang berfungsi menunjang sistem pencernaan.

Di samping itu, kandungan asam askorbat dan asetat di dalam pepaya juga disebut dapat menjadi obat alami untuk mengatasi gejala sakit mag. Buah berwarna oranye ini tergolong ramah untuk dikonsumsi oleh penderita mag, meski memiliki rasa yang sedikit asam.

5. Kelola stres dengan baik
Anda tahu bahwa stres berkontribusi pada terjadinya peningkatan kadar asam di dalam lambung, bukan?

Oleh karena itu, supaya gejala mag Anda bisa dikendalikan atau tidak bertambah parah, mengelola stres dengan baik adalah salah satu cara yang wajib dilakukan.

Anda bisa melakukan hobi, menonton tayangan komedi, atau melakukan hal positif dan menyenangkan bersama rekan.

Selain pertolongan pertama tersebut, penderita mag sebaiknya menghindari makanan pedas, asam, dan mengandung lemak tinggi. Artinya, makanan dan minuman seperti cokelat, mentol, kopi, teh, minuman mengandung alkohol, dan minuman soda wajib dihindari.

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan yang memicu produksi gas berlebih di dalam lambung, seperti kol dan sawi. Jauhkan pula diri Anda dari makanan cepat saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, dan hot dog.

Apabila gejala mag Anda tak kunjung reda atau justru semakin menjadi-jadi setelah Anda melakukan hal-hal di atas, jangan tunda untuk berobat lebih lanjut pada dokter.

Penanganan sedini mungkin dibutuhkan supaya gejala mag yang Anda alami bisa segera dikendalikan.

Namun begitu, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Untuk itu, sebelum sakit mag datang, berusahalah untuk selalu memiliki pola makan yang teratur.(HNS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penderita Mag, Hindari Konsumsi 4 Makanan ini


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler