5 Cara Parkir Mobil Pararel Agar Tidak Kesulitan, Nomor 2 Silakan Dibaca

Rabu, 17 Mei 2023 – 11:45 WIB
Saat mobil sedang parkir secara pararel. Foto: dok Suzuki

jpnn.com, JAKARTA - Parkir mobil secara paralel memang menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi. Keterbatasan lahan parkir di sejumlah tempat mengharuskan pengemudi memarkir mobilnya secara pararel/

Namun, dalam memarkir secara pararel membutuhkan teknik.

BACA JUGA: Cuaca Panas Ekstrem, Pengamat Ingatkan Soal Memarkir Mobil, Ngeri!

Semisal jarak mobil di depan dan belakang biasanya cukup berdekatan, sehingga membuat parkir jenis ini lebih sulit dibandingkan sejenisnya.

Dalam siaran persnya, Suzuki, Rabu (17/5), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan parkir mobil secara paralel. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Suzuki Berbagi Tips Berkendara Pada Malam Hari

1. Pastikan lokasi parkir

Saat sedang mencari tempat parkir, pengendara harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang untuk parkir paralel. Biasanya, terdapat marka khusus yang telah disediakan oleh pemilik tempat.

Saat mulai memarkir mobil secara paralel, pastikan posisi mobil Anda dengan baik. Periksa jarak mobil Anda dari kendaraan di depan dan di belakang, serta pastikan mobil Anda sejajar dengan mobil yang terparkir di samping.

BACA JUGA: Begini Tips saat Pengendara Mobil Sedan Melintasi Jalan Rusak

2. Beri tanda jika sedang parkir

Untuk memberikan penanda bagi pengendara mobil lainnya. Pengemudi bisa menyalakan lampu sign yang menandakan bahwa sedang parkir.

Hal ini dilakukan agar pengendara mobil lain dapat menunggu dan tidak tergesa-gesa saat mobil di depannya sedang dalam posisi bermanuver untuk parkir.

3. Mulai masuk parkir dengan mundur terlebih dahulu

Parkir paralel akan menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan kondisi memundurkan mobil dan memasukan bagian buritan terlebih dahulu ke ruang parkir paralel yang tersedia.

Apabila Anda memulai masuk parkir dengan posisi bagian depan terlebih dahulu maka diperlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga menyelesaikan parkir dengan rapih.

4. Gunakan teknik angka 8

Teknik ini bisa membantu Anda memarkir mobil secara paralel dengan mudah, Milsanya pengemudi mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel.

Kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil mencapai sudut parkir.

Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.

5. Perhatikan saat menginjak rem dan gas

Pengendara harus lebih berhati-hati dalam menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif.

Pengendara harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang, karena jika tidak bisa seimbang, dikhawatirkan akan menyenggol mobil lainnya.

Selain itu, manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Memilih Mobil Rumah Berjalan, Silakan Disimak


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler