5 Jenis Teh Herbal Ini Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Selasa, 31 Mei 2022 – 04:39 WIB
Ilustrasi teh herbal. Foto:doktersehat

jpnn.com, JAKARTA - DIABETES merupakan penyakit umum yang menyerang banyak orang.

Diabetes disebabkan karena naiknya kadar gula yang berlebihan dalam tubuh.

BACA JUGA: 5 Manfaat Daun Kelor, Nomor 3 Bikin Penderita Diabetes Bahagia

Penderita diabetes memang tidak boleh mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman tertentu, seperti teh.

Namun, ada beberapa jenis teh herbal yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

BACA JUGA: 3 Teh Herbal Ini Bakalan Bantu Anda Mudah Tidur Nyenyak Malam Ini

Teh herbal adalah pilihan yang cocok untuk penderita diabetes. Ini bisa menjadi cara bebas karbohidrat untuk memberikan hidrasi dan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang bisa merusak sel dan materi genetik.

BACA JUGA: 4 Jus Sayuran yang Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Menurut Mayo Clinic, ketika ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, stres oksidatif terjadi, berkontribusi pada timbulnya kondisi kesehatan termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Everydayhealth.

https://www.everydayhealth.com/diabetes/the-best-teas-for-people-with-diabetes/?fbclid=IwAR07P8L8PHXkS2mHxv9WxuEWWJSanKQqnIS89QZZutDjQAyfXjSnQeZRfvo.

1. Teh Hijau

Sebuah tinjauan studi menunjukkan bahwa teh hijau dan ekstrak teh hijau bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah dan mungkin berperan dalam membantu mencegah diabetes tipe 2 dan obesitas.

Sebuah studi yang disebutkan dalam review menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara teratur selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak.

Obesitas bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 setidaknya enam kali lipat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2020 di jurnal Diabetologia.

Salah satu alasan mengapa teh hijau bisa berperan mencegah diabetes adalah karena mengandung senyawa kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG).

EGCG telah ditemukan untuk meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel otot.

2. Teh Hitam

Teh hitam berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau, sehingga dengan teh hijau, Anda akan menuai manfaat ramah diabetes.

Meskipun pabriknya sama, metode pemrosesan yang digunakan berbeda.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Juni 2019 di jurnal Antioksidan mencatat mengenai beberapa studi epidemiologi yang menunjukkan bahwa minum teh herbal hitam, hijau, atau oolong bisa mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes.

Plus, para peneliti menyarankan teh (termasuk hitam) bisa bekerja di dalam tubuh sebagian dengan meningkatkan resistensi insulin, memainkan peran seperti insulin, serta mengurangi respon inflamasi.

3. Teh Chamomile

Malam tanpa tidur adalah hal terakhir yang dibutuhkan seseorang dengan diabetes.

Menurut CDC, hanya satu malam kurang tidur tetap membuat tubuh Anda memproduksi insulin, tetapi menjadi kurang efektif yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Kabar baiknya, minum teh chamomile herbal, yang bebas kafein, bisa mendukung tidur Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Oktober 2015 di JAN menemukan bahwa ketika wanita dengan kualitas tidur yang buruk (yang baru saja melahirkan) minum teh chamomile selama dua minggu, mereka memiliki lebih sedikit masalah kualitas tidur dan gejala depresi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak minum teh chamomile.

4. Teh Jahe

Secangkir teh jahe mungkin terasa segar, tetapi mungkin ada baiknya menyesap minuman pedas ini, terutama jika kamu menderita diabetes.

Sebagai permulaan, tinjauan sebelumnya menunjukkan bahwa suplementasi jahe secara teknis merupakan bentuk yang lebih kuat daripada teh biasa yang membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa pada orang dengan diabetes tipe 2, serta A1C.

5. Teh Kembang Sepatu

Teh asam dan tajam ini tidak hanya terasa menyegarkan, tetapi juga bisa berperan dalam membantu Anda mengelola diabetes dan masalah lain yang terkait dengan penyakit ini.

Teh kembang sepatu bisa memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

Menurut National Institutes of Health, memiliki penyakit diabetes berarti Anda lebih mungkin terkena penyakit jantung. Selain itu, Anda juga lebih berisiko terkena serangan jantung dan stroke yang lebih besar.

Minum delapan ons teh kembang sepatu dua kali sehari terbukti mengurangi tekanan darah sistolik pada individu dengan diabetes dalam periode satu bulan, yang merupakan kabar baik bagi populasi ini, karena mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler