5 Kiat Agar Anda Tidak Terlalu Sering Kencing

Minggu, 26 Januari 2020 – 01:45 WIB
Toilet. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tak bisa dimungkiri bahwa terlalu sering buang air kecil bikin tidak nyaman dalam beraktivitas. Bahkan, ada perasaan takut ngompol, sehingga Anda jadi mudah gelisah.

Tapi tenang saja, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah lakukan beberapa cara di bawah ini, misalnya:

BACA JUGA: Ketahui 12 Penyebab Kencing Terasa Sakit

1. Jangan minum berlebihan

Minumlah dalam jumlah yang cukup. Tidak perlu terlalu banyak, apalagi kalau tidak melakukan aktivitas fisik yang melelahkan dan tidak berada di suhu udara panas.

BACA JUGA: Ketahui Akibat Bila Sering Menahan Buang Air Kecil

2. Kurangi kafein dan alkohol

Perhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Kurangi asupan kafein dan minuman beralkohol. Kafein dan alkohol akan membuat Anda sering kencing karena bersifat diuretik.

BACA JUGA: Sering Buang Air Kecil Malam Hari? 3 Hal ini Bisa jadi Penyebabnya

3. Hindari minuman berkarbonasi

Hindari pula jus cranberry dan minuman berkarbonasi dengan rasa manis. National Association for Continence mengatakan, minuman tersebut dapat memicu Anda untuk terus berkemih.

4. Lakukan double pee

Dokter Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter menyarankan lakukan teknik double pee. Dia mengatakan, mencoba kencing kembali setelah selesai berkemih bisa membantu mengosongkan kandung kemih dengan lebih efektif.

5. Senam kegel

Senam kegel tersebut dapat melatih otot-otot dasar panggul.

“Dengan memiliki otot yang terlatih, Anda mungkin akan memiliki kontrol kencing yang lebih baik. Pada wanita, ini bisa mencegah rahim turun,” pungkas dr. Sara.

Sering kencing sehabis minum air bukan disebabkan kebocoran kandung kemih. Melainkan karena jenis minuman dan jumlah yang dikonsumsi, penyakit tertentu, serta ketidakmampuan otot untuk menahan akibat faktor usia.(FR/RPA/klikdokter)

Simak Himbauan Jokowi Soal Virus Corona


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler