5 Makanan Ini Bisa Membantu Proses Detoksifikasi Anda

Senin, 03 April 2017 – 20:15 WIB
Ilustrasi. Foto: Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com -
Detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari dalam tubuh merupakan sebuah proses yang sangat penting dilakukan. Apalagi mengingat dewasa ini polusi sudah semakin parah dan beragam.

Dengan melakukan detoksifikasi, tentunya tubuh akan menjadi lebih sehat. Daya tahan tubuh menjadi kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit di dalam tubuh.

BACA JUGA: 7 Makanan Ini Ampuh Membakar Lemak

Pada umumnya, proses ini berlangsung secara alami di dalam tubuh. Namun, hasil dari proses autodetoksifikasi ini berbeda antara satu orang dengan yang lainnya sesuai kondisi kesehatan mereka masing-masing.

Detoksifikasi pada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan mengidap penyakit tidak akan optimal.

BACA JUGA: 9 Makanan Kaya Probiotik, Baik untuk Diet Anda

Ada beberapa jenis makanan yang bisa digunakan untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya yang bisa dengan cukup mudah Anda temukan.

Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Care2, Minggu (2/4):

BACA JUGA: Ini Beberapa Makanan Penting Dikonsumsi Pria

1. Kubis-kubisan

Kubis, kembang kol, brokoli, kubis Brussel, lobak, selada air, tanaman sawi mengandung senyawa yang membantu hati membuat enzim yang memecah dan menghilangkan racun.

2. Bit

Bit kaya akan vitamin C dan folat yang bisa menangkal radikal bebas dan meningkatkan pertumbuhan sel sehat.

3. Beri

Para peneliti di Tufts University menguji 60 buah dan sayuran untuk antioksidan. Hasilnya, blueberry berada pada daftar puncak.

Blueberry dapat menetralisir radikal bebas, memperbaiki struktur pembuluh darah dan umumnya memperkuat sistem kardiovaskular, melindungi tubuh terhadap perkembangan kanker dan telah dikaitkan dengan penglihatan yang sehat.

Sedangkan raspberry adalah antioksidan hebat lainnya, tetapi mereka juga memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri dan jamur serta ragi yang terkait dengan infeksi jamur Ms. V dan sindrom iritasi usus besar.

4. Tomat

Kulit tomat merah kaya akan lycopene yang merupakan antioksidan kuat. Ini akan membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh anda.

Lycopene juga bisa membantu mencegah kanker.

5. Wortel

Wortel kaya akan karoten (yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh), vitamin B, C, D dan E - yang semuanya merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.

Mereka juga diuretik ringan, sehingga mereka akan membantu memflush ginjal Anda. Unsur-unsur alkali dalam wortel juga membantu detoksifikasi darah Anda dan mempertahankan tingkat pH netral.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Membuat Anda Terlihat Awet Muda Loh


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler