5 Makanan yang Menjadi Pemicu Timbulnya Jerawat

Kamis, 22 September 2022 – 06:10 WIB
Ilustrasi makanan cokelat. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - JERAWAT merupakan masalah yang umum menyerang wajah Anda.

Pemilik kulit berminyak tentu saja lebih rentan terserang jerawat.

BACA JUGA: 6 Makanan Sehat Ini Bantu Anak Anda Tumbuh Lebih Tinggi

Jerawat bisa disebabkan karena jarang membersihkan wajah, faktor keturunan, stres, dan lainnya.

Selain itu, beberapa makanan ternyata bisa menjadi pemcu timbulnya jerawat.

BACA JUGA: Atasi Jerawat dengan 5 Minuman Sehat Ini

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thedermspecs.

https://www.thedermspecs.com/blog/5-foods-that-cause-acne/

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Usus dengan Mengonsumsi 7 Makanan yang Mengandung Probiotik Ini

1. Susu

Produk susu, khususnya susu, dianggap berkontribusi pada keparahan gejala jerawat Anda karena hormon sapi yang tetap tersedia secara hayati dengan konsumsi.

Meskipun Anda mungkin mempertimbangkan alternatif yang baik untuk susu murni adalah dengan minum susu skim, ini tidak ada bedanya.

Faktanya, protein susu yang ditambahkan ke susu skim untuk membuatnya terasa kurang berair, seperti whey dan kasein, telah dikaitkan dengan penyebab peradangan lebih lanjut.

Sering dianggap mengapa binaragawan yang menggunakan minuman protein whey sebagai suplemen latihan menderita jerawat di tubuh mereka.

Susu mungkin sulit untuk dihilangkan sepenuhnya karena ada dalam jumlah signifikan dari makanan yang kita makan setiap hari, tetapi mengurangi adalah awal yang baik.

Ada banyak alternatif yang tersedia di sebagian besar supermarket, seperti susu almond atau bahkan kacang mete.

Pilihannya ada di luar sana, yang harus Anda lakukan adalah menemukan yang Anda sukai.

2. Alkohol

Minuman untuk merayakan acara khusus atau segelas anggur dengan makan malam selalu menyenangkan, tetapi mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak bisa mengubah kadar hormon Anda.

Meskipun alkohol belum terbukti berdampak langsung pada jerawat kita, ketika kita minum, alkohol biasanya menciptakan ketidakseimbangan kadar estrogen atau testosteron, yang merupakan faktor utama dalam frekuensi dan tingkat keparahan jerawat.

Ketika kadar hormon meningkat, kulit kita menghasilkan zat yang disebut sebum yang menyumbat pori-pori kita dengan minyak dan bakteri, yang akhirnya menyebabkan jerawat yang menyakitkan.

Pesta minuman keras juga dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh kita yang biasanya membantu melawan bakteri penyebab jerawat serta virus umum lainnya.

Tentu saja Anda harus selalu minum dalam jumlah sedang, tetapi bagi mereka yang lebih rentan berjerawat daripada yang lain, tetaplah minum seminimal mungkin.

3. Gula

Memang benar bahwa gula dan makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah penyumbang utama jerawat Anda.

Pada dasarnya, makanan dengan kandungan gula tinggi menyebabkan kadar insulin tubuh Anda melonjak.

Overdosis insulin yang ekstrem ini meningkatkan produksi minyak di kulit, yang menyebabkan folikel dan pori-pori Anda tersumbat oleh sebum seperti yang disebutkan sebelumnya.

Di samping efek inflamasi yang disebabkan oleh lonjakan insulin, ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri P. Acnes untuk berkembang, memicu breakout yang buruk.

Jika Anda tidak bisa mengucapkan selamat tinggal pada makanan penutup, solusi terbaik adalah mengurangi jumlah makanan tinggi gula.

Hanya beberapa gigitan yang Anda butuhkan untuk memuaskan firasat Anda akan sesuatu yang manis setelah makan malam, dan Anda akan menghindari lonjakan insulin yang ditakuti itu.

4. Makanan Cepat Saji

Kita semua tahu bahwa makanan cepat saji bukanlah yang terbaik untuk kita.

Ini adalah penyebab meningkatnya jumlah masalah kesehatan, dan untuk semua alasan yang sama yang disebutkan di atas, makanan cepat saji juga harus masuk daftar terlarang untuk kulit Anda.

Biasanya terdiri dari kentang goreng, hamburger, pizza dan semua makanan jari lainnya yang diisi lemak, lemak jenuh yang tinggi dan bahan-bahan olahan benar-benar membuang keseimbangan hormonal dan kadar gula darah Anda.

Jika Anda memiliki keinginan untuk makanan cepat saji favorit kamu, cobalah membuat versi Anda sendiri di rumah.

Ganti kentang panggang dengan kentang goreng dan pilih daging putih daripada merah di burger Anda.

5. Cokelat

Cokelat teman lama kita yang terkasih telah lama memiliki reputasi buruk sebagai penyebab utama semua noda tak sedap dipandang kita.

Namun, kabar baik untuk semua pecinta cokelat di luar sana adalah kakao dalam bentuk mentahnya terbukti tidak berdampak pada jerawat Anda.

Faktanya, kakao mentah dikemas dengan vitamin A, C, E dan seng yang semuanya sangat bermanfaat untuk kulit Anda.

Sebenarnya susu dan gula sering dicampur dengan sebagian besar permen dan makanan penutup yang menghubungkan cokelat dengan kasus jerawat yang parah.

Jadi, lain kali Anda meraih sebatang cokelat, cobalah memilih cokelat hitam dengan persentase tinggi atau biji kakao yang bisa dikunyah sebagai camilan.

Hindari susu atau cokelat putih, yang sebagian besar terdiri dari semua bahan yang akan menyebabkan peradangan dan mengganggu jerawat Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jerawat   Makanan   Cokelat   gula  

Terpopuler