50 Kabupaten dan Kota Siapkan Lahan Rumah Murah

Kamis, 17 Maret 2011 – 06:55 WIB
JAKARTA - Meski program rumah murah baru ditelorkan pemerintah tahun ini, namun daerah-daerah telah menyatakan ketertarikannyaTercatat, ada 50 kabupaten/kota yang sudah siap melaksanakan program tersebut, menyusul dengan telah disiapkannya lahan bagi pembangunan rumah seharga Rp 5-25 juta itu.

Walaupun keikutsertaan pemda sejauh ini masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kabupaten/kota yang ada, namun Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa berharap penyediaan lahan ini bisa mempercepat pelaksanaan program rumah murah dan rumah sangat murah

BACA JUGA: LPSK Lindungi Agus Condro

"Memang baru 50 kabupaten/kota yang telah menyatakan kesanggupannya
Mudah-mudahan jumlah ini akan terus meningkat," harap Menpera, usai raker dengan Komisi V DPR RI, Rabu (16/3) sore.

Suharso menambahkan, banyak pemda yang telah melakukan penyediaan bank tanah (land banking), serta konsolidasi lahan untuk lokasi pembangunan perumahan dan perencanaan kota ke depan

BACA JUGA: Harifin Promosi Wisata Indonesia

Lahan-lahan yang dibebaskan itu, disebutkan dibeli pemda dengan harga cukup murah
"Cara pemda menyediakan lahan menggunakan sistem land banking

BACA JUGA: Polri Lambat, ICW Kirim Surat ke SBY

Mereka membebaskan lahan, kemudian membeli dengan harga rendahLahan itu kemudian disediakan untuk membangun perumahan di daerahnya masing-masing," terangnya.

Program rumah murah dan sangat murah ini, disebutkan Menpera, memang tak hanya untuk kawasan di luar JawaDaerah padat penduduk seperti Jawa juga bisa melaksanakannyaContohnya di Jawa Timur, yang rencananya tahun ini akan dibangun 6 ribu unit rumah seharga Rp 20-25 juta.

Suharso berharap, hal ini bisa diikuti oleh pemda lainnya yang masih memiliki daerah cukup luas dan harga lahan yang relatif murahWalaupun jumlah unit rumah yang dibangun tidak sebanyak di Jatim misalnya"Di daerah lain selain Jatim, paling sekitar 2 ribu unit rumah saja," ujarnya.

Lantas, berapa angsuran untuk rumah murah tersebut? Menurut Suharso, angsuran yang perlu dibayar oleh warga masyarakat untuk itu adalah sekitar Rp 160-220 ribu (per bulan), flat selama 15 tahun(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bom Di Rumah Yapto Pakai Buku Pancasila


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler