563 Calhaj Kaltim Belum Miliki Paspor

Senin, 14 September 2009 – 11:22 WIB
SAMARINDA – Dari 2.819 calon jamaah haji (calhaj) Kaltim yang tercatat di Kanwil Depag Kaltim, sebanyak 563 orang atau 20 persen di antaranya belum memiliki pasporMereka yang belum memiliki paspor ini bisa terancam gagal menunaikan ibadah haji melalui jalur pemerintah.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama (Kakanwil Depag) Kaltim HM Kosasih, calon jamaah haji yang belum memiliki paspor tengah berupaya mengejar penyelesaian paspor

BACA JUGA: Lima Polisi Aniaya Warga Hingga Tewas

Bahkan, khusus bagi calon jamaah haji yang belum memiliki paspor dan ingin mengurus, Kantor Imigrasi memberikan kemudahan pelayanan hingga 24 jam.

“Memang masih 20 persen tak punya paspor dan sedang diurus oleh imigrasi
Saat ini masih kami kejar terus pengurusan paspornya,” ujar Kosasih kepada JPNN.

Dikatakannya, biaya pengurusan paspor calon jamaah haji itu gratis karena sudah termasuk dalam biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) yang dibayarkan ke Kanwil Depag.

“Semua gratis

BACA JUGA: Bangkai Nomad Dibawa ke Jakarta

Karena, dana pembuatannya kami setor ke Kantor Imgrasi dari dana yang sudah dibayarkan oleh calon jamaah haji,” katanya.

Mengatasi agar paspor sudah dimiliki oleh 563 calon jamaah haji sebelum jadwal keberangkatan, Kanwil Depag melakukan penjadwalan pendaftaran calon jamaah, yakni diurutkan per kota
Misalnya, hari ini calon jamaah haji Berau, besoknya dari Bontang, dan seterusnya.

“Kami meminta agar pewakilan di daerah untuk secepatnya menyetor nama-nama calon jamaah haji yang belum memiliki paspor, sehingga bisa segera diurus

BACA JUGA: PETI Bahayakan Transportasi di Sungai Barito

Kali ini disetor berdasarkan kota sehingga bica cepat diselesaikanKami optimistis masalah paspor ini bisa selesai tepat waktu sebelum jadwal keberangkatan,” katanya.

Seperti diberitakan, musim haji 2009, Kaltim mendapat 2.819 kuota haji ditambah petugas haji daerahKuota tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Maftuch Basyuni Nomor 46 Tahun 2009Hal tersebut juga telah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Kanwil Depag dan 13 Kandepag di kabupaten dan kota di Kaltim.

Secara nasional kuota haji tahun ini mencapai 207 ribu dan lebih kecil jika dibandingkan kuota tahun 2008 sekitar 210 ribu

"Kuota haji memang berkurang dibanding tahun laluNamun, kami akan berjuang agar ada peningkatan bagi KaltimHanya saja, daftar tunggu memang agak lama karena didasarkan pada kuota ituKarena itu, mendaftar sekarang, haji baru bisa dilakukan 2 atau 3 tahun lagi, bahkan lebih,” tutup Kosasih(*/che)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Imigran Gelap Mengeluh Tak Dapat Makan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler