6 Buah Sehat Ini Bakalan Bikin Tekanan Darah Tinggi Ambrol

Kamis, 25 Agustus 2022 – 04:51 WIB
Ilustrasi jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu penyakit yang kini banyak menyerang orang ialah tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi terjadi akibat naiknya tekanan darah dalam darah yang timbul karena beberapa hal.

BACA JUGA: Tekanan Darah Tinggi Bakalan Ambyar dengan 3 Herbal Alami Ini

Beberapa hal yang bisa mengakibatkan tekanan darah Anda naik ialah stres, mengonsumsi makanan tinggi lemak, dan lainnya.

Buah-buahan, karena seratnya yang tinggi, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu (seperti kalium dan magnesium), memainkan peran penting dalam mencegah dan mengelola penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi.

BACA JUGA: Gula Darah Bakalan Ambyar dengan 5 Buah Sehat Ini

Semua buah memiliki beberapa manfaat kesehatan dan membantu mengelola tekanan darah.

Namun, buah-buahan terbaik untuk hipertensi tercantum di bawah ini, seperti dikutip laman Medicinenet.

BACA JUGA: Waduh, 4 Buah Sehat Ini Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

https://www.medicinenet.com/best_fruits_for_lowering_blood_pressure/article.htm?fbclid=IwAR2tDc_Vi3rf3T-2SWSFPgYMDqGK8N5Cy3oTGyFbzRxpqy4SnTSbUh8h0hM.

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah sehat kaya akan antioksidan termasuk vitamin C dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Mereka juga kaya serat dan potasium dan rendah sodium. Semua kualitas ini membuat buah ini sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

2. Berry

Semua buah beri, terutama blueberry, sarat dengan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

3. Pisang

"Makanan super" ini kaya akan nutrisi, seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan yang membantu mengelola tekanan darah tinggi.

4. Delima

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah, meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Plum

Plum kaya potasium dan rendah sodium, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

6. Melon

Melon menyediakan sejumlah besar vitamin C, potasium, folat, dan serat, yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler