6 Calon Jemaah Haji Asal Kalbar Gagal Terbang ke Madinah, Ini Alasannya

Jumat, 17 Juni 2022 – 18:40 WIB
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. ANTARA/Rendra Oxtora

jpnn.com, PONTIANAK - Sebanyak enam calon jemaah haji asal Kalimantan Barat (Kalbar) gagal berangkat ke Madinah setelah dipulangkan Tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Pusat di Embarkasi Hang Nadim, Batam.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan kegagalan calon jemaah berangkat karena dalam kondisi hamil, diabetes, dan anemia.

BACA JUGA: Sudah Sempat Duduk di Kursi Pesawat, Seorang Jemaah Calon Haji Asal Labuhanbatu Gagal Berangkat

“Ada yang baru diketahui sedang hamil, sehingga suaminya juga turut pulang. Jaga kesehatan sebaik-baiknya, seperti dalam kondisi hamil, sehingga tidak boleh berangkat,” kata dia kepada wartawan di Pontianak, Jumat (17/6).

Menurutnya, calon jemaah haji diminta untuk terbuka terhadap kondisi kesehatan mereka kepada tim kesehatan. Hal tersebut untuk kebaikan calon jemaah haji itu sendiri.

BACA JUGA: Daftar Tunggu Haji Lebih dari 90 Tahun, Alamak

“Saya minta ke depannya tim medis harus lebih teliti dan detail, jangan sampai diagnosis di Kalbar berbeda dengan diagnosis di Embarkasi Batam,” kata dia.

Ketua Umum PPIHD Kalbar Harisson mengungkapkan keenam orang calon jemaah haji yang tidak laik terbang akan difasilitasi pemulangannya dari Batam dan dirujuk ke rumah sakit.

BACA JUGA: 389 Jemaah Calon Haji segera Diberangkatkan Dari Embarkasi Makassar

"Satu orang lelaki dari Kabupaten Ketapang ada riwayat hipertensi dan diabetes, sehingga mengakibatkan kakinya bengkak dan mengalami infeksi," kata Harisson.

Karena suaminya tidak laik terbang, kata Harisson, istrinya juga membatalkan keberangkatan. 

Kemudian, dua calon jemaah haji dari Kabupaten Kapuas Hulu. Salah satunya merupakan perempuan yang hamil tujuh pekan. Atas hal itu, suaminya juga batal berangkat.

Lalu dua orang lainnya berasal dari Pontianak. Keduanya gagal berangkat karena dinyatakan anemia. 

“Atas hal ini, pemeriksaan kesehatan harus lebih ketat dan teliti di tingkat kabupaten/kota,” pungkas dia. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Amalan yang Pahalanya Setara Haji dan Umrah, Rugi kalau sampai Terlewat


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler