6 Cara Aman untuk Mengatasi Kecanduan Makan

Minggu, 28 April 2019 – 05:06 WIB
Ilustrasi makanan. Foto: Pixabay

jpnn.com - Makan tentunya menjadi momen yang sangat menyenangkan. Selain lapar, Anda juga bisa mendapat tenaga untuk beraktivitas dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, tak sedikit orang yang justru kesusahan untuk mengerem diri berhenti makan meski sudah kenyang. Lalu bagaimana caranya?

BACA JUGA: Kenali Gejala-gejala Fisik Saat Depresi

Penanganan kecanduan makan

Secara medis, terapi kecanduan makan meliputi konseling (misalnya cognitive behavioral therapy atau program diet) dengan para ahli maupun penggunaan obat-obatan. Adapun beberapa tips aman yang bisa Anda mulai lakukan di rumah untuk mengatasi kecanduan makan adalah:

BACA JUGA: Ini Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

1. Atur jadwal makan

Dengan mengatur jadwal makan, Anda bisa membiasakan diri makan secara tepat waktu. Anda juga bisa menentukan menu makanan dalam sehari sehingga menghindari kemungkinan masuknya makanan yang seharusnya tak dimakan.

BACA JUGA: 8 Penyebab Anda Mood Swing

Pastikan Anda merencanakan menu harian yang bergizi seimbang. Kemudian, Anda bisa memilih makanan yang dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Misalnya telur, alpukat, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Konsumsi air putih

Minum air putih bisa membantu menekan rasa lapar. Ada kalanya tubuh salah menafsirkan perasaan lapar ketika sedang haus, terutama saat di luar jadwal waktu makan. Bisa saja tubuh Anda sedang kekurangan cairan. Bahkan, minum air putih dengan cara yang tepat dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, konsumsi air putih yang sesuai dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.

3. Tetap aktif

Ketika sedang bosan atau tidak beraktivitas, seseorang akan cenderung mencari makanan. Lakukanlah aktivitas yang bisa mengalihkan keinginan untuk makan. Misalnya berolahraga atau melakukan hobi yang Anda sukai.

4. Tidur yang cukup

Seseorang dengan gangguan tidur seperti insomnia cenderung akan mencari makan di malam hari. Selain memperparah kecanduan makan, kurang tidur membuat Anda berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikis. Kemudian, kekurangan tidur juga berpotensi membuat seseorang menjadi lebih lapar ketika siang harinya.

5. Atur rencana belanja

Anda harus disiplin dalam membuat anggaran belanja makan. Dengan begitu, Anda bisa membatasi makan apa saja yang ingin dibeli. Pastikan Anda hanya membeli makanan yang benar-benar ingin dikonsumsi dan tentunya bergizi. Hindari pandangan dari tempat makanan ringan atau cemilan yang dapat menggoda Anda untuk membelinya.

6. Kelola stres

Stres terbukti dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk makan. Atas alasan itulah, sudah seharusnya Anda mengelola stres. Jika ada masalah yang sulit diatasi sendiri, cobalah untuk mencari solusi bersama orang-orang terdekat Anda. Melakukan hobi juga mampu membantu meredakan stres yang sedang Anda alami.

Beberapa cara di atas aman dilakukan untuk mengatasi kecanduan makan. Jika setelah mencoba beberapa tips di atas kecanduan Anda tak kunjung reda, yuk segera konsultasikan dengan dokter. Jangan tunggu sampai kebiasaan buruk makan Anda tersebut malah mendatangkan berbagai penyakit!(HNS/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Kiat Terhindar dari Stres untuk Caleg yang Gagal dalam Pemilu


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler