6 Gubernur Terima Anugerah Ketahanan Pangan

Selasa, 15 Desember 2009 – 19:04 WIB

JAKARTA - Enam gubernur menerima penghargaan Ketahanan Pangan Nasional yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (15/12)Enam gubernur itu adalah Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, Gubernur Riau Rusli Zainal, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X,  Gubernur Sulut S.H

BACA JUGA: Kesiapan Daerah Disurvei Tahun Depan

Sarundajang , Gubernur Lampung Sjahroeddin, dan Gubernur Sumbar Marlis Rahman.

Selain kepada enam gubernur, Wapres Boediono juga memberikan penghargaan bagi kelompok tani dan usaha bidang pertanian
Dari Sumbar antara lain kepada Gabungan Kelompok Tani Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar (Kelompok Tanaman Sayur), Asosiasi Sanivera, Desa Silaing Bawah Padang Panjang (Kelompok Tanaman Hias), Kelompok peternak ayam buras Banto Baroyong, Kenegarian Palangai, Kabupaten Pesisir Selatan, Anas Koto (ketua Kelompok Tani Bungai Rampai Malai Tigo Koto, Sungai Geringging Padang Pariaman),  Usaha Rendang Yet Payakumbuh. 

Wakil Presiden Boediono dalam sambutannya menyatakan bahwa pangan menduduki posisi yang sangat strategis

BACA JUGA: Diusulkan, Polisi Jangan Ikut Usut Kasus

Sebab katanya, kecukupan pangan menyangkut kestabilan bangsa
“Permasalahan pangan ini telah menjadi masalah dunia dan bisa menjadi potensi konflik dan ketidakstabilan di bidang ekonomi dan politik," katanya.

Seiring dengan berakhirnya resesi global, lanjut wapres, permintaan akan pangan kembali meningkat

BACA JUGA: Sepakat Anti Korupsi, Beda Pendapat Soal Isi

Dengan demikian, harga-harga komoditas pangan juga merangkak naikUntuk itu, ia berharap ketahanan pangan dalam negeri bisa terjaga“Dengan sumber daya pangan yang melimpah, Indonesia harus menjadi produsen pangan duniaIndonesia siap untuk berkontribusi bagi masalah pangan dunia," ujarnya.

Dalam acara yang sama, Wakil Menteri Pertanian Bayu Khrisnamurti dalam laporanya menyebutkan, dicapainya swasembada beras, jagung dan gula konsumsi merupakan buah dari kinerja dan partisipasi aktif petani, pengusaha, masyarakat dan pemerintah daerah"Penghargaan ini merupakan perwujudan pengakuan pemerintah kepada mereka yang berprestasi," kata Bayu.

Sementara Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Syahrial Syam menjelaskan, penghargaan ini merupakan untuk yang kedua kalinya diperoleh Gubernur Sumbar"Dalam berita acara ini tertulis penghargaan ini diberikan untuk kedua kalinya kepada Gamawan Fauzi Gubernur Sumatera Barat, yang saat jadi Menteri Dalam Negeri," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, usai penyerahan penghargaan kepada Gubernur Sumbar yang saat ini dipegang oleh Marlis Rahman, rombongan segera menemui Gamawan Fauzi di kantornya"Kita akan serahkan langsung penghargaan ini kepada mantan Gubernur Gamawan Fauzi," imbuh Syahrial Syam.

Marlis Rahman juga membenarkan bahwa penghargaan itu untuk gubernur dan bukan bagi daerah.  “Memang dahulu yang diusulkan Badan Ketahanan Pangan adalah Gubernur Gamawan FauziJadi saya serahkan kembali kepada beliau karena penghargaan itu bukan untuk daerah tetapi untuk kepala daerah ketika itu,” jelas Marlis Rahman.

Berhasilnya Sumbar menerima penghargaan Ketahanan Pangan tersebut karena dinilai sukses dalam pengembangan ketahanan pangan, antara lain peningkatan produksi pangan padi tahun 2008 surplus beras sebanyak 417.913 ton (62,36%)Cadangan pangan di 19 kabupaten/kota tahun 2008 sebanyak 1.326.045 ton(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Minta BPK Periksa Perda


Redaktur : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler