6 Herbal Alami yang Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Bisa Menjaga Anda dari Serangan Varian Omicron

Rabu, 30 Maret 2022 – 04:59 WIB
Ilustrasi ginseng. Foto: Urbol

jpnn.com, JAKARTA - SEJAK pandemi Covid-19 terjadi, kita semua diharuskan untuk mengikuti beberapa protokol kesehatan agar terhindar dari infeksi Covid-10.

Selain itu, kita semua juga diharuskan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan tidak terserang infeksi virus ini.

BACA JUGA: 3 Tanda Daya Tahan Tubuh Lemah Akibat Infeksi Omicron

Kini, varian Covid-19 yang banyak menginfeksi orang adalah varian Omicron.

Untuk itu, daya tahan tubuh Anda harus makin ditingkatkan.

BACA JUGA: 5 Herbal Alami yang Mampu Usir Kecemasan Berlebihan Anda

Penelitian baru telah muncul untuk mendukung penggunaan herbal alami sebagai penguat daya tahan tubuh untuk memperkuat pertahanan kita.

Ada herbal alami yang terkenal untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Ingin Terhindari dari Infeksi Omicron, Lakukan 4 Cara Ini Agar Daya Tahan Tubuh Meningkat

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thebeet.

1. Echinacea

Echinacea adalah herbal alami yang terkait dengan kekebalan karena penelitian mengungkapkan bahwa herbal ini memiliki kemampuan untuk mempersingkat durasi flu biasa dan mengurangi gejala seperti sakit tenggorokan, batuk, dan demam.

Bukti saat ini menunjukkan bahwa suplementasi Echinacea bisa menurunkan durasi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan akut.

2. Rhodiola Rosea (Akar Emas)

Literatur medis modern menegaskan bahwa Rhodiola "memberikan efek pengaturan kekebalan yang sangat baik dan melemahkan kerusakan inflamasi," menurut sebuah studi tinjauan di Science Direct.

Akar tampaknya melawan "berbagai penyakit melalui pengaturan diferensiasi sel kekebalan, aktivasi jalur sinyal inflamasi dan sekresi faktor inflamasi."

Sebagai aturan umum ketika membeli herbal Anda, bubuk lebih kuat daripada tincture dan carilah yang organik karena tanaman tersebut 30 persen lebih kuat daripada tanaman yang tidak bersertifikat organik.

Ambil setengah sendok teh Rhodiola Rosea atau Golden Root sekali atau dua kali sehari dalam air panas atau teh untuk kekebalan.

3. Sirup Elderberry

Elderberry memiliki sejarah panjang di seluruh dunia yang digunakan untuk membantu melawan pilek dan infeksi saluran pernapasan.

Sejak COVID terjadi, para peneliti telah melihat apakah Elderberry bisa membantu meringankan gejala terburuk Covid-19 dan juga varian Omicron.

Bukti menunjukkan itu bisa membantu seseorang mengatasi gejalanya lebih cepat.

Elderberry mungkin tidak mengurangi risiko terkena flu biasa, tetapi bisa mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek.

4. Angelica Sinensis (Ginseng Wanita)

Disebut dong Quai dalam pengobatan herbal Tiongkok, ramuan dari keluarga wortel ini secara tradisional telah digunakan untuk membantu wanita mengurangi gejala kram pramenstruasi, dan gejala yang berhubungan dengan perimenopause serta menopause.

Angelica Sinensis telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan mengaktifkan makrofag dan sel pembunuh alami.

Salah satu studi yang paling mencengangkan tentang Angelica Sinensis adalah bahwa hal itu tampaknya membantu limpa Anda menciptakan lebih banyak sel penangkal infeksi.

Limpa melawan kuman yang menyerang dalam darah dan mengandung sel darah putih yang melawan infeksi sambil membuang sel darah merah tua atau rusak yang tidak lagi dibutuhkan.

Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa subjek yang diberikan Angelica Sinensis melihat proliferasi total sel limpa, makrofag, dan sel T yang dipromosikan oleh aksi AP.

5. Panax ginseng (Ginseng Merah Korea)

Para ilmuwan sekarang sedang mempelajari kekuatan Ginseng Merah Korea sebagai penguat kekebalan alami yang mungkin bisa membantu melawan hampir semua jenis infeksi atau virus.

Satu studi menemukan bahwa Ginseng Merah muncul untuk membantu menjaga homeostasis sistem kekebalan tubuh dan untuk meningkatkan ketahanan terhadap penyakit atau serangan mikroba melalui pengaturan sistem kekebalan tubuh.

Temuan menunjukkan bahwa Ginseng Merah tampaknya bekerja pada sel-sel kekebalan yang berbeda dengan cara yang berbeda, menjadikannya penguat kekebalan serbaguna yang bisa membantu dalam setiap proses yang terlibat dalam melawan infeksi dan penyakit.

6. Daun kemangi

Daun kemangi telah digunakan selama ratusan tahun dalam praktik medis kuno untuk mengobati berbagai infeksi seperti demam berdarah dan hepatitis.

Sekarang sedang dipelajari sebagai pengobatan yang mungkin untuk membantu menurunkan gejala Covid-19.

Dalam salah satu review obat herbal, para peneliti menulis bahwa kita harus mempertimbangkan untuk menggunakan jamu kuno untuk mengobati ancaman modern Covid.(fny/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler