6 Khasiat Daun Mangga Sebagai Obat Herbal

Sabtu, 22 Juni 2019 – 22:58 WIB
Ilustrasi daun mangga. Foto: pixabay

Buah mangga dikenal luas tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga berkhasiat bagi kesehatan. Ternyata, tak hanya buahnya tetapi juga daun mangga menyimpan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Dalam beberapa lampiran, daun mangga disebutkan banyak menyimpan khasiat sebagai pengobatan herbal. Berikut manfaat daun mangga untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (18/6).

1. Mengobati Diabetes

Daun mangga sangat bermanfaat untuk mengobati diabetes. Daun pohon mangga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins, yang membantu dalam mengobati diabetes awal.

Daunnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, atau digunakan sebagai infuse untuk mengobati diabetes.

Daun mangga juga membantu untuk mengobati angiopati diabetik dan retinopati diabetik.

Rendam daun mangga dalam secangkir air semalaman.

Saring dan minum air ini untuk membantu meringankan gejala diabetes.

Ini juga membantu mengobati hiperglikemia. Daun mangga mengandung senyawa yang disebut 3beta-taraxerol, dan ekstrak etil asetat yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan merangsang sintesis glikogen.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Daun mangga membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Mereka membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

3. Mengobati Kegelisahan

Bagi orang yang menderita kegelisahan, daun mangga menyediakan obat rumah yang baik.

Menambahkan dua hingga tiga gelas teh daun mangga ke dalam air mandi membantu mengobati kegelisahan dan menyegarkan tubuh.

4. Empedu dan batu ginjal

Daun mangga membantu mengobati batu ginjal dan batu empedu. Asupan harian bubuk bubuk mangga halus, yang dikeringkan di tempat teduh dan dicampur dengan air serta dibiarkan dalam gelas semalaman, membantu dalam memecahkan batu dan membuangnya.

5. Masalah Pernapasan

Daun mangga baik untuk semua jenis masalah pernapasan. Ini sangat berguna untuk orang yang menderita pilek, bronkitis dan asma.

Minum ramuan yang dibuat dengan merebus daun mangga dalam air dengan sedikit madu membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Ini juga membantu dalam menyembuhkan kehilangan suara Anda.

6. Menyembuhkan Disentri

Daun mangga sangat membantu dalam mengobati disentri perdarahan. Anda bisa minum bubuk daun mangga yang telah dicampur dengan air dua hingga tiga kali sehari untuk menghentikan disentri.

7. Nyeri Telinga

Sakit telinga bisa sangat menjengkelkan. Menggunakan obat rumah ini memberikan kelegaan yang baik.

Satu sendok teh jus yang diekstrak dari daun mangga sebagai obat tetes telinga bisa memberikan bantuan dari sakit telinga. Panaskan jus sedikit sebelum menggunakannya.

8. Sembuhkan Luka Bakar

Untuk menyembuhkan luka bakar di kulit dan melepuh, bakar segenggam daun mangga hingga menjadi abu. Oleskan abu ini di daerah yang terkena. Ini memberikan bantuan instan. (fny/jpnn)

Terpopuler