6 Khasiat Teh Lemon yang Tidak Terduga

Rabu, 23 Oktober 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi teh lemon. Foto: Laman Care2

jpnn.com, JAKARTA - LEMON merupakan salah satu buah populer yang kaya akan berbagai manfaat untuk tubuh.

Lemon bisa digunakan dalam berbagai cara. Anda bisa menggunakan lemon untuk menambah kesegaran berbagai hidangan gurih.

BACA JUGA: 6 Khasiat Air Lemon Campur Daun Mint, Bikin Kulit Making Kinclong

Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai salah satu bahan utama kue.

Selain itu, lemon juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan rambut.

BACA JUGA: Pengin Menurunkan Berat Badan? 4 Resep Teh Lemon Ini Patut Dicoba

Selain vitamin C yang terkenal, lemon juga kaya akan mineral penting seperti kalsium dan magnesium, yang bisa bermanfaat bagi semua aspek kesehatan.

Teh lemon adalah cara mudah untuk memasukkan manfaat buah ini ke dalam kehidupan Anda sehari-hari.

BACA JUGA: 3 Resep Teh Lemon Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Buah rendah gula dan rendah kalori ini bisa menambahkan berbagai vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Femina.in.

1. Mendetoksifikasi Tubuh

Kandungan asam sitrat dalam lemon sangat tinggi sehingga membantu membersihkan hati.

Mengonsumsi teh lemon saat perut kosong di pagi hari membantu membuang semua limbah dan racun yang terkumpul di hati dan dengan demikian, mendetoksifikasi tubuh sepenuhnya.

Lemon juga mengandung flavonoid jeruk. Antioksidan ini berjuang untuk melindungi tubuh dari racun dan pemicu stres sehari-hari serta memerangi radikal bebas, yang bisa melengkapi kesehatan dalam jangka panjang.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam teh lemon memperlambat pemrosesan gula sederhana, meningkatkan kesehatan usus dan mengatur metabolisme serta nafsu makan.

Hal ini secara signifikan meningkatkan kesehatan pencernaan, meringankan ketidaknyamanan pencernaan jika ada dan mungkin terbukti membantu jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Setelah membuang racun dan mampu membakar kalori lebih cepat karena metabolisme yang dipercepat, tubuh bisa membuang lemak lebih cepat.

Teh lemon juga meningkatkan resistensi insulin, yang berujung pada pencernaan yang lebih baik dan retensi lemak yang lebih rendah.

3. Menjaga Seseorang Tetap Terhidrasi

Rata-rata orang harus minum sekitar dua liter air sehari, tetapi terlebih lagi, hidrasi harus tersedia bagi tubuh dari sumber lain seperti makanan dan minuman.

Jika Anda adalah seseorang yang merasa kesulitan untuk memantau asupan air, cara yang sangat baik adalah dengan memasukkan sumber hidrasi, salah satunya teh lemon, ke dalam rutinitas harian kamu.

Ini secara signifikan bisa membantu Anda tetap terhidrasi setiap hari.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Satu cangkir teh lemon bisa memberi tubuh sekitar setengah dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan.

Hal ini bisa sangat memperkuat dan mendukung sistem kekebalan tubuh, memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk memerangi penyakit menular secara efektif.

Bahkan ketika tubuh sedang menghadapi efek infeksi, antioksidan dalam ekstrak lemon juga bisa meredakan kemacetan di dada secara efisien, membantu pemulihan yang cepat dari penyakit menular, terutama di musim hujan.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dengan sifat astringennya, teh lemon seiring waktu bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan menghilangkan sel kulit mati dan merevitalisasi kulit.

Ini juga bisa membantu mengatasi jerawat dan eksim. Asupan vitamin C dan antioksidan secara teratur, selain meningkatkan hidrasi bisa membuat wajah bersinar dan terlihat lebih sehat.

Seiring waktu, sintesis kolagen bisa meningkat dan menunjukkan tanda-tanda lain dari kesehatan kulit yang lebih baik seperti penuaan yang lebih lambat dan bahkan pembalikan tanda-tandanya dalam bentuk tekstur kulit yang lebih halus, kulit lebih kencang.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa khasiat ini bisa mempercepat penyembuhan.

6. Meningkatkan Suasana Hati

Kaya nutrisi, teh lemon membersihkan tubuh dari racun yang dihasilkan oleh stres dan membuka jalan bagi kesehatan otak yang lebih baik.

Seseorang mungkin mengalami suasana hati yang lebih baik. Hal ini bisa menyembuhkan sakit kepala, meningkatkan energi dengan mencegah kelesuan dan kelelahan, meningkatkan kapasitas keseluruhan fungsi otak setiap hari serta kesehatan jangka panjang dan bahkan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Ini bagus untuk kejernihan mental dan juga bisa meningkatkan daya ingat.

Aromanya juga bisa memberikan efek instan dan membangkitkan mood.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Manfaat Teh Lemon, Nomor 8 Bikin Anda Tenang


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler