6 Langkah Menyegarkan Udara Dalam Mobil Anda

Sabtu, 13 Februari 2016 – 02:57 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Care2

jpnn.com - Bau kabin mobil bukan lagi menjadi permasalahan serius, karena bau tidak sedap di kabin bisa diusir dengan cara tradisional maupun modern dengan mudah.

Bau tidak sedap di kabin mobil bisa mengganggu konsentrasi pengendara saat berkendara. Banyak hal yang bisa menimbulkan bau di dalam kabin seperti, jok atau karpet yang lembab, tumpahan makanan yang tersisa, tumpahan susu yang diminum anak-anak hingga bau asap rokok.

BACA JUGA: Ladys Catat Ini! 6 Alasan Pria Menolak Diajak Bercinta

Efeknya tak hanya sekadar bau dari aroma makanan yang tersisa, namun timbulnya bakteri juga bisa menyebabkan bau busuk. Tentu saja bisa mengganggu kesehatan. Apalagi pada saat Anda menghidupkan AC, ruang kabin yang tertutup menyebabkan udara hanya berputar di dalam kabin.

Lebih bahaya lagi bagi Anda, yang mempunyai kebiasaan merokok di dalam mobil. Asapnya akan menempel di setiap sudut kabin termasuk pakaian yang dikenakan.

BACA JUGA: Apakah Aman Menelan Sperma? Ini Penjelasan Dokter

Berikut beberapa cara mengenyahkan bau dari kabin mobil, seperti dilansir laman Care2, Kamis (11/2).

1. Clean it out

BACA JUGA: Tujuh Penyebab Orang Depresi, Buang Waktu di Medsos

Carilah tumpahan makanan di bawah kursi, di lantai dan antara bantal kursi dan segera bersihkan.

2. Wash it out

Jok dan tikar lantai mungkin perlu dibersihkan secara profesional. Setidaknya, gosok dengan air sabun panas jika susu, jus dan makanan basah lainnya telah menembus kain.

3. Simpanlah kantong sampah di dalam mobil

Kosongkan tong sampah ketika Anda mengisi gas atau ke toko kelontong. Selalu sediakan tong sampah yang bisa digunakan untuk membuang limbah Anda.

4. Gunakan pembersih tidak beracun ketika membersihkan bagian dalam mobil Anda

Jika Anda membawa mobil Anda ke tempat cuci mobil, jangan biarkan mereka menghapus interior mobil Anda dengan pembersih industri karena kemungkinan besar mengandung phthalates, wewangian sintetis dan bahan kimia lainnya yang bisa membuat Anda sakit atau setidaknya membuat Anda sakit kepala.

Sebaiknya gunakan larutan air sabun panas atau sabun nabati bebas aroma. Gunakan untuk mencuci dashboard Anda, roda kemudi dan permukaan non-kain lainnya di dalam mobil.

5. Buka jendela ketika Anda mengemudi

Selama tidak hujan atau bersalju, sebaiknya buka jendela sedikit untuk menjaga udara segar beredar saat Anda berada di dalam mobil.

6. Jangan menyemprotkan parfum atau penyegar udara komersial

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah partikel kimia melayang-layang di mobil Anda, di mana mereka akan sangat mudah untuk dihirup. Menghapus sumber bau, membersihkan kendaraan Anda dan biarkan jendela terbuka untuk tetap sehat.(fny/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Good News untuk Pria Berjenggot


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler