6 Manfaat Buah Alpukat, Nomor 2 Bikin Kaget

Kamis, 09 Juni 2022 – 05:22 WIB
Alpukat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - ALPUKAT merupakan salah satu buah dengan berbagai kandungan gizi dan nutrisi.

Buah alpukat biasanya diolah dalam bentuk jus alpukat, salad alpukat, puding alpukat dan lainnya.

BACA JUGA: 7 Khasiat Minum Jus Alpukat Campur Madu, Ampuh Cegah Timbulnya Beberapa Penyakit Kronis Ini

Alpukat adalah sumber lemak sehat dan antioksidan yang baik.

Selain itu, alpukat juga mengandung potasium, serat, dan berbagai vitamin tingkat tinggi seperti vitamin C, E, K dan B kompleks.

BACA JUGA: Benarkah Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara?

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Thehealthsite.

https://www.thehealthsite.com/fitness/health-benefits-of-avocados-188626/?fbclid=IwAR3h-xzmLmnnMfZ3NF2l9MRjQmc0mtPsNFnbzk35x3P7Lusu7-ty1Wt5vCo.

BACA JUGA: Suka Konsumsi Buah Alpukat, Ini 5 Manfaatnya yang Bikin Anda Happy

1. Mengatur tekanan darah

Alpukat tinggi potasium dan rendah sodium, yang membantu mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengontrol tingkat tekanan darah.

Alpukat juga ditemukan mengandung alkohol lemak, yang memainkan peran kunci dalam menurunkan tingkat tekanan darah tinggi dalam tubuh.

2. Mencegah kanker

Alpukat adalah sumber yang kaya akan fitokimia yang ditemukan menunjukkan karakteristik kemo-protektif dan dengan demikian, memainkan peran penting dalam pencegahan kanker.

Kehadiran antioksidan kuat seperti glutathione, vitamin C dan vitamin E bersama dengan karotenoid membuat buah ini anti karsinogenik beraksi.

3. Melindungi dari peradangan

Karena adanya nutrisi bermanfaat yang sehat seperti asam lemak omega 3, pitosterol, karotenoid dan vitamin, alpukat dianggap sebagai bantuan alami yang sempurna untuk mengobati peradangan.

Buah ini dianggap sebagai makanan sehat, karena tidak hanya melindungi sel-sel tubuh dari peradangan, tetapi juga membuang radikal bebas berbahaya dari tubuh.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Alpukat kaya akan vitamin E dan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa asupan tinggi vitamin E menurunkan risiko penyakit jantung koroner sekitar 30-40 persen.

Kehadiran lemak tak jenuh yang sehat seperti asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dalam buah ini mempromosikan profil lipid darah yang sehat.

5. Membantu kesehatan kulit

Hal ini karena tingginya kadar vitamin E (antioksidan kuat) di samping antioksidan kuat lainnya seperti lutein dan zeaxanthin dalam alpukat yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan kulit yang baik.

Buah ini juga ditemukan untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya dan membantu penuaan yang sehat.

6. Memberikan efek perlindungan pada mata

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (MUFA) tingkat tinggi yang ditemukan untuk melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia.

Antioksidan lutein dan zeaxanthin berkontribusi pada kesehatan mata dengan meningkatkan penyerapan karotenoid dari makanan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler