6 Manfaat Cuka Sari Apel, Dua Sendok Saja Bisa Mengenyahkan Penyakit Berbahaya Ini!

Selasa, 24 Agustus 2021 – 14:24 WIB
Cuka Sari Apel minuman sangat populer bagi pecinta kesehatan tubuh dengan herbal, Foto: iHerb

jpnn.com - Cuka sari apel adalah cairan fermentasi yang sebagian besar terbuat dari jus apel. Ini digunakan untuk mengurangi peradangan, meredakan masalah pencernaan dan detoksifikasi. 

Ragi ditambahkan untuk mengubah gula buah dalam jus apel menjadi alkohol. Inilah yang disebut fermentasi. Bakteri dalam alkohol menjadi asam asetat, yang memberi cuka bau yang kuat dan rasa asam. 

BACA JUGA: Simak! Ini 5 Tips untuk Orang yang Malas Minum Air Putih

Cuka apel dikombinasikan dengan berbagai hal untuk menggunakannya sebagai bahan pengawet, saus salad, dan bahan kue.

Ada berbagai macam manfaat cuka sari apel bagi kesehatan seperti yang dilansir oleh iherb :

BACA JUGA: Simak! Ini Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Bikin Kencang

Penyembuh Alami

Cuka sari apel mengandung sekitar 3 kalori dalam setiap sendok makannya. Meski tidak memiliki banyak mineral atau vitamin, tetapi mengandung potasium.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Mengonsumsi Kaldu dari Daging dan Tulang Sapi

Bukti menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa membantu meringankan berbagai masalah kesehatan.


Membantu Meredakan Sakit Perut

Sesekali, seseorang akan memakan makanan atau minuman yang tidak sesuai dengan perutnya. Perut mereka akan memberi tahu mereka dengan beberapa tanda seperti rasa sakit, kembung dan gas. 

Gejala-gejala ini terjadi karena penumpukan di area perut yang tidak seharusnya. Cuka sari apel memiliki sifat antibiotik alami yang disebut pektin .

 Ini mengurangi rasa sakit dan nyeri usus. Campurkan segelas air atau jus dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membantu menyingkirkan drama perut.

Obat Sakit Tenggorokan

Beberapa orang menyesap teh panas atau mengonsumsi pelega tenggorokan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

 Cara yang bagus untuk menghentikan sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan cuka sari apel. 

Asam dalam cuka cukup kuat sehingga dapat membunuh bakteri penyebab rasa sakit. Menyingkirkan bakteri membutuhkan berkumur dengan sekitar 2 ons cuka sari apel dan 2 ons air hangat.

Melawan Kram Kaki

Ketika seseorang menderita kram kaki, itu mungkin karena kadar kalium yang rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel bisa memberikan pukulan potasium untuk kram kaki di malam hari. 

Campurkan 2 sendok makan cuka sari apel, 1 sendok teh madu dan segelas air hangat. Minum sesaat sebelum tidur.

Penggunaan Cuka Sari Apel dan Kondisi Medis

Kondisi medis seperti diabetes dan obesitas berkorelasi dengan gula darah tinggi. Cuka sari apel seperti pahlawan superrahasia dalam memerangi beberapa kondisi medis karena kemampuannya membantu mengatur gula darah seperti yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel adalah bantuan penurunan berat badan alami karena asam asetat bertindak sebagai penekan nafsu makan.

Cuka mengurangi berat air, dan juga dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel mengganggu kemampuan tubuh untuk mencerna pati, yang berarti lebih sedikit gula dalam aliran darah seseorang.

Diabetes adalah suatu kondisi medis di mana tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak menggunakannya dengan benar. 

Hal ini menyebabkan tubuh memiliki kadar gula darah yang tidak terkendali. Satu studi menunjukkan bahwa mengambil 2 sendok makan cuka sari apel sebelum tidur menurunkan kadar gula darah di pagi hari. 

Studi lain menemukan bahwa penderita diabetes yang minum campuran air dan cuka saat mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi memiliki gula darah yang lebih rendah setelah makan. Lonjakan gula darah sering terjadi tepat setelah makan.

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama orang meninggal lebih awal

Studi penelitian ekstensif telah menyimpulkan bahwa salah satu cara untuk mengurangi kolesterol tinggi adalah dengan cuka sari apel. 

Kurang lebih 1 sendok makan bisa menurunkan kadar kolesterol jika diminum sehari sekali. Alasan penurunan kolesterol adalah asam asetat.

Manfaat Cuka Sari Apel Lainnya

Ada banyak manfaat kesehatan dari menggunakan cuka ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel membantu meminimalkan noda pada kulit, dan juga membantu mengobati kulit terbakar dan jerawat. 

 

dari yang seharusnya. Salah satu faktor berkembangnya penyakit jantung adalah kolesterol tinggi. 

Cuka adalah pemutih gigi alami karena menghentikan pertumbuhan bakteri pada gigi sekaligus menghilangkan noda dari gigi. (mcr13/jpnn)


Redaktur : Natalia
Reporter : Gigih Sergius Agasta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler