6 Manfaat Kurma yang Tidak Terduga, Nomor 5 Bikin Kaget

Rabu, 03 Agustus 2022 – 06:09 WIB
Ilustrasi kurma. Foto HelloSehat

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi kurma? Kurma merupakan salah satu buah manis yang kaya akan kandungan nutrisi.

Banyak orang makan kurma biasanya saat bulan puasa. Namun, Anda bisa makan kurma kapan saja.

BACA JUGA: 3 Manfaat Susu Kurma yang Luar Biasa, Nomor 1 Bikin Anda Bahagia

Kurma bisa dimakan begitu saja atau diolah dalam bentuk jus kurma, cake kurma dan lainnya.

Namun tahukah Anda, ada beberapa manfaat kurma yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Kurma yang Luar Biasa, Nomor 5 Bikin Kaget

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Pharmeasy.in.

https://pharmeasy.in/blog/20-health-benefits-of-dates-and-date-recipes/?fbclid=IwAR1MuBwByRzCH40cEbpFrQ6geDxpI9QXV6kxUlQFymxzTTfL0o0I63DJjIw.

BACA JUGA: 9 Manfaat Jus Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Selamat Tinggal Penyakit Ganas Ini

1. Kurma Sangat Bergizi

Data nutrisi kurma benar-benar di luar grafik. Buahnya dikemas dengan banyak vitamin esensial dan nutrisi lain yang bisa sangat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kurma juga kaya akan serat dan karbohidrat yang tanpa diragukan lagi menjadikannya salah satu buah kering yang paling sehat.

Kurma memiliki kandungan energi yang tinggi, dengan 100g kurma mengandung sekitar 314 kilokalori energi, menjadikannya sumber penambah energi yang hebat.

Sementara sebagian besar energi ini dalam bentuk gula (seperti fruktosa dan glukosa), kurma memiliki banyak serat dan indeks glikemik rendah.

Ini berarti bahwa makan 2-3 kurma sekaligus merupakan sumber energi rendah lemak yang aman bahkan untuk penderita diabetes.

Ini adalah salah satu manfaat kurma yang terbaik, berkontribusi pada pengaturan berat badan dan diet pengaturan gula darah.

2. Membantu Pergerakan Usus yang Sehat

Kandungan serat dalam kurma sangat tinggi, ini bisa sangat bermanfaat bagi orang yang menderita masalah kesehatan yang disebabkan karena buang air besar yang tidak teratur.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok 21 subjek tes, hasilnya menunjukkan bahwa kurma membantu melancarkan buang air besar secara teratur bagi kelompok yang mengonsumsinya setiap hari selama seminggu.

Kelompok yang tidak mengonsumsi kurma menghadapi gerakan yang tidak teratur.

Juga diperhatikan bahwa konsentrasi amonia dalam tinja juga berkurang secara signifikan ketika kurma dikonsumsi secara teratur.

Oleh karena itu, bisa dikatakan secara meyakinkan bahwa efek kurma pada diet dan kesehatan Anda secara keseluruhan tidak ada bandingannya, karena membantu kesehatan pencernaan Anda dan membantu Anda menjalani hidup yang sehat.

3. Konsentrasi Tinggi Antioksidan

Antioksidan pada dasarnya adalah senyawa yang menghambat proses oksidasi dan dengan demikian menghilangkan radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan banyak kerusakan pada sel Anda.

Oksidasi bisa sangat berbahaya karena bisa sangat berbahaya bagi integritas struktural dan genetik sel Anda.

Kurma dikenal karena konsentrasi antioksidannya yang tinggi.Jika dibandingkan dengan buah kering lainnya dalam kategori yang sama, kurma berada di puncak grafik dengan konsentrasi antioksidan tertinggi.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Sitokin inflamasi seperti Interleukin bisa sangat berbahaya bagi otak Anda.

Peningkatan kehadiran IL-6 (Interleukin 6) dikaitkan dengan perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Kehadiran penanda inflamasi tidak pernah merupakan pertanda baik untuk kesehatan saraf Anda dan oleh karena itu harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati.

Penggunaan kurma secara teratur telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi kadar IL-6 dan dengan demikian membantu mengurangi risiko mengembangkan kondisi degeneratif otak seperti Alzheimer.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Studi mendalam tentang kurma mengungkapkan bahwa keberadaan senyawa yang disebut beta D-glukan dalam kurma sangat bermanfaat dalam mempromosikan aktivitas anti tumor di dalam tubuh.

Konsentrasi antioksidan yang tinggi dalam kurma juga membantu mengurangi aktivitas radikal bebas (elemen yang bisa menyebabkan kanker) dan dengan demikian mengurangi kemungkinan terjadinya kanker.

Konsumsi kurma setiap hari secara signifikan bisa mengurangi risiko kanker dan terjadinya tumor jinak.

6. Membantu Melawan Diabetes

Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit yang paling umum di seluruh dunia.

Diabetes diobati dengan menggunakan obat-obatan sintetis dengan kombinasi beberapa obat oral dan suplemen insulin.

Kurma memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin dan juga memiliki beberapa khasiat yang bisa membantu mengurangi laju penyerapan glukosa dari usus.

Ini bisa banyak membantu dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh diabetes.

Pengurangan penyerapan glukosa mau tidak mau akan menurunkan kadar glukosa darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Prosedur pasti bagaimana kurma membantu mengurangi efek diabetes masih diteliti.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler