6 Manfaat Pepaya Kering, Ampuh Atasi Penyakit Ini

Rabu, 01 Februari 2023 – 02:17 WIB
Ilustrasi buah pepaya. Foto: hallosehat

jpnn.com, JAKARTA - PEPAYA merupakan buah yang populer akan kemampuannya dalam mengatasi masalah buang air besar.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa pepaya segar memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

BACA JUGA: 8 Manfaat Pepaya, Wanita Pasti Suka

Sarat dengan antioksidan, vitamin C, B, A, E dan K, kalsium, besi, kalium, magnesium, seng, tembaga, mangan dan fosfor, pepaya dianggap sebagai makanan super.

Pepaya melindungi terhadap kanker, meningkatkan pencernaan dan kesehatan jantung, melawan peradangan, dan memberikan keajaiban bagi kulit dan rambut Anda.

BACA JUGA: 7 Bahaya Makan Pepaya Berlebihan, Bikin Ibu Hamil Cemas

Di masa lalu, mengemil buah kering telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dan untuk alasan yang bagus juga.

Buah segar dan kering mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat.

BACA JUGA: 12 Manfaat Pepaya, Nomor 11 Bikin Kaget

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Curejoy.com.

1. Karotenoid

Pepaya sangat kaya akan karotenoid yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Karotenoid adalah pigmen larut lemak yang memberi warna pada makanan seperti tomat, wortel, pepaya, jeruk bali, jeruk, labu, dan aprikot.

Mereka mengurangi risiko berbagai penyakit, khususnya beberapa jenis kanker dan penyakit mata.

Namun, jika pepaya Anda telah dikeringkan menggunakan metode pengeringan beku, suhu sangat penting untuk mempertahankan kebaikan karotenoid.

2. Efektif Melawan Sembelit

Pepaya segar dikenal karena efek pencaharnya dan untungnya bagi kita, versi kering dari buah ini mempertahankan sifat-sifat ini.

Menurut penelitian, pepaya yang dikeringkan di atas alas busa sering digunakan sebagai bahan utama minuman pencahar untuk memasok serat ke tubuh dan memberikan solusi alami untuk sembelit.

Bahkan, mereka yang mengalami sembelit bisa dengan mudah mencoba beberapa potong pepaya kering dan mengonsumsinya dengan susu hangat untuk melancarkan buang air besar.

3. Menjaga Hati dalam Kondisi Baik

Penelitian menunjukkan bahwa pepaya kering, seperti halnya pepaya segar, juga memberikan efek perlindungan pada hati.

Tikus yang diobati dengan pepaya kering menunjukkan tanda-tanda perlindungan terhadap racun sampai batas tertentu dan membentuk sel hati yang normal.

Ini juga mengurangi kerusakan hati dan menurunkan kadar bilirubin serum.

4. Mencegah Peradangan

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa peradangan adalah jantung dari sejumlah besar penyakit seperti kanker dan diabetes.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research menemukan bahwa sel-sel inflamasi menurun saat subjek uji diberi pepaya.

Studi tahun 2011 menyimpulkan bahwa konsumsi pepaya secara teratur bisa memberikan respons antiinflamasi dan berpotensi meredakan kondisi peradangan.

5. Meningkatkan Penglihatan

Vitamin A bersama dengan karotenoid sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Opthalmology menunjukkan bahwa diet berlimpah buah-buahan dengan antioksidan, vitamin, dan karotenoid sangat baik untuk kesehatan mata.

Ini juga mengurangi risiko makulopati yang berkaitan dengan usia, penyakit mata yang disebabkan oleh kerusakan makula, bagian mata yang memberi kita penglihatan sentral.

6. Membantu Mengatasi Asma pada Anak

Rendahnya tingkat antioksidan diet berhubungan dengan penyakit alergi termasuk asma.

Vitamin A dan karotenoid, yang ditemukan dalam pepaya kering, merupakan antioksidan makanan yang mungkin memainkan peran penting melawan peradangan saluran napas.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Asthma menguji 433 anak sekolah penderita asma dan 537 subjek kontrol yang sehat, antara usia 6 dan 18 tahun.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa pengurangan vitamin A pada anak penderita asma bisa menjadi bencana dan berkontribusi terhadap kondisi tersebut.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler