6 Minuman Lezat Ini Ampuh Atasi Stres yang Menyerang Anda

Selasa, 07 November 2023 – 02:01 WIB
Teh hijau dan matcha. Foto: Health

jpnn.com, JAKARTA - STRES merupakan hal wajar dan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi pemicu stres seseorang. Mulai dari masalah keuangan, masalah keluarga, asmara, pendidikan, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Jenis Sayuran Lezat Ini Ampuh Atasi Stres yang Mengganggu

Stres jika tidak segera diatasi bisa berkembang menjadi penyakit gangguan mental, seperti depresi.

Untungnya, ada banyak cara untuk meningkatkan perawatan diri Anda yang tidak memerlukan banyak usaha atau energi ketika kamu merasa lelah.

BACA JUGA: 5 Minuman Terbaik yang Bisa Anda Konsumsi Saat Sedang Diare

Anda bisa memasukkan minuman fungsional ke dalam rutinitas perawatan diri kamu.

Ini adalah minuman non-alkohol yang menurut ilmu pengetahuan akan membantu kamua meningkatkan kekebalan, atau meningkatkan kesehatan Anda.

BACA JUGA: Ladies, Ini 7 Minuman yang Aman Anda Konsumsi Saat Haid

Tidak tahu harus mulai dari mana? Di bawah ini adalah minuman yang mengurangi tingkat stres dan memungkinkan Anda minum dengan tenang.

Cobalah salah satu minuman yang menenangkan ini di penghujung hari yang berat, atau saat Anda hanya ingin memeluk diri sendiri secara metaforis.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Thepaleodiet.com.

1. Es Teh Lemon Balm

Minuman ini mengandung lemon balm, ramuan yang menurut beberapa penelitian menjanjikan bisa meningkatkan mood dan meningkatkan kinerja kognitif.

Bonus: Minuman ini bisa membantu Anda mengurangi stres tanpa membuat kamu mengantuk atau mabuk dan itu berarti energi yang lebih baik untuk menikmati suasana hati yang lebih baik.

2. Susu Bulan

Susu bulan berasal dari tradisi Ayurveda dan menggabungkan ashwagandha dan rempah-rempah penghangat dalam susu nabati (seperti susu almond) untuk menghasilkan minuman hangat dan menenangkan.

Ashwagandha terbukti membantu menenangkan kecemasan dan meningkatkan istirahat.

Ini bisa membuat Anda mengantuk, jadi sebaiknya ini dilakukan sebelum tidur.

3. Cokelat Panas

Siapa yang tidak suka secangkir cokelat panas yang enak? Versi ramah Paleo ini menggunakan kakao, versi cokelat yang belum diolah dan kaya akan antioksidan.

Kakao juga berpotensi meningkatkan kadar serotonin, neurotransmitter yang membantu memberikan perasaan tenang dan stabilitas suasana hati.

4. Kopi Jamur

Jamur reishi terkenal memiliki khasiat obat, terutama karena membantu mengurangi peradangan.

Kecemasan dan depresi sering kali dikaitkan dengan kelelahan, dan kopi reishi bisa meredakan gejala terkait peradangan ini.

Latte kopi jamur ini mudah untuk dikocok. Dipasangkan dengan kakao, ini adalah minuman antiinflamasi yang rasanya kaya dan lembut.

5. Teh Hijau dan Matcha

L-theanine adalah asam amino yang terkadang digunakan dalam bentuk suplemen untuk mengatasi kecemasan atau fokus mental.

Secara alami ditemukan dalam kadar yang lebih tinggi pada teh hijau dan teh matcha.

Jika dipadukan dengan kafein yang juga terdapat secara alami di dalamnya, bisa membantu memberikan fokus yang tenang pada otak.

Anda bisa membuat latte dan smoothie menggunakan teh hijau atau matcha, atau bisa bisa menyeduhnya begitu saja.

6. Susu Emas

Susu emas adalah minuman kelapa dan kunyit yang menghangatkan, antiinflamasi, dengan sedikit bumbu jahe sebagai penambah rasa.

Lada hitam merupakan bahan penting untuk membantu tubuh menggunakan bahan aktif kunyit, kurkumin.

Kurkumin tampaknya memiliki banyak manfaat termasuk mengurangi peradangan dan membantu mengatasi kecemasan dan depresi.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler