62 RW di Tambora Berstatus Rawan Kebakaran

Rabu, 22 Juni 2011 – 21:18 WIB
JAKARTA - Kawasan Tambora, Jakarta Barat, kembali terbakarUntungnya, si jago merah kali ini hanya melahap satu rumah di kawasan padat penduduk itu

BACA JUGA: Senin dan Jumat, Terapkan Ganjil-Genap

Sebab, petugas telah mengerahkan 20 unit mobil pemadam untuk menjinakkan api yang diduga berasal dari korsleting listrik.

"Sudah padam pukul 20.00 WIB
Tidak ada korban

BACA JUGA: Senin dan Jumat, Terapkan Ganjil-Genap

Hanya satu rumah yang terbakar," kata petugas pemadam kebakaran Jakarta Barat Firman kemarin.

Wilayah Kecamatan Tambora memang memiliki kasus kebakaran dengan frekwensi terbanyak se-DKI Jakarta
Warga setempat menyebutnya sebagai peristiwa "arisan"

BACA JUGA: Warga Blokir Akses Jalan Alam Sutera

Kini masih ada 62 RW dari 96 RW di Tambora yang berstatus rawan kebakaran.

Sebagai gambaran, kasus kebakaran hebat di Kelurahan Angke pada 25 Mei lalu, yang menghanguskan ratusan rumahDua hari berikutnya, toko material juga rata dengan tanah dilalap si jago merahTiga hari selanjutnya, 39 rumah di Kelurahan Duri Utara juga diratakan oleh apiKetiga lokasi kebakaran itu hanya berseberangan rel kereta api (KA).

Camat Tambora Isnawa Adji menyebutkan, wilayah yang dipetakan rawan terbakar itu tersebar di 11 wilayah kelurahan di TamboraYaitu Kelurahan Kalianyar, Tambora, Duri Utara, Duri Selatan, Jembatan Besi, Jembatan Lima, Pekojan, Krendang, Angke, Tanah Sareal, serta Roa Malaka"Wilayah rawan terbakar itu bukan berarti wilayah yang pernah terbakarTetapi sebuah kondisi yang sama dengan wilayah yang sudah terbakar," ungkap Isnawa.

Kondisi tersebut, menurut Isnawa, meliputi (unsur) antara lain kerapatan hunian, kumuh, serta bangunan rumah dari kayuFaktor rawan kebakaran, di antaranya penduduknya overload, lahannya terbatas, akses jalan sempit.

Namun faktor utama penyebab kebakaran, diakui adalah korsleting listrik akibat instalasi yang tidak standarMasih banyak bangunan tahun 70-an, dengan instalasi listrik yang tidak pernah digantiKabel-kabel yang lapuk dan usang, dibiarkan menerima tegangan listrik yang dua kali lebih besarSebab, instalasi listrik itu sebenarnya untuk kapasitas daya 110 volt, namun masih dipakai menanggung daya 220 volt.

Belum lagi instalasi listrik yang semrawut dengan koneksi sembaranganIsnawa menggambarkan, sebuah stop kontak dengan kabel kecil digunakan untuk menghidupkan teko pemanas air, memutar DVD, televisi, kipas angin, sampai menyeterikaSementara kebanyakan stop kontak warga tidak ber-SNI yang isolatornya mudah meleleh karena panas.

Belum lagi banyak dugaan kasus pencurian listrikItu terindikasi dengan banyak tempat usaha konveksi dengan banyak peralatan mesin listrik berdaya besar"Namun anehnya, pemilik rumah hanya pelanggan listrik berdaya rendahBerarti itu kan ada apa-apanya (mencuri)," ungkap alumni STPDN angkatan ketiga itu.

Dalam kondisi tertentu, panas itu menjadi percikan api yang bisa menyulut kebakaran"Dari berbagai kasus kebakaran di Tambora sebanyak 90 persen diduga penyebabnya oleh korsleting listrikHanya 10 persen yang disebabkan non-listrik," terangnya.

Sementara itu, pembenahan hidran air di Jakarta juga masih berjalan lambanPadahal, kondisi hidran yang ada sudah sangat memprihatinkan dan tak memadai lagiDari 1.424 unit hidran yang dimiliki, tercatat yang berfungsi hanya 759 unitSisanya sebanyak 665 unit rusak.

Akibatnya, petugas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) kerap mengalami kendala saat hendak melakukan pemadaman"Kondisi hidran air di Jakarta mendesak dilakukan (perbaikan)Sebab, sudah tidak memungkinkan lagi mengandalkan hidran yang ada," kata Ida Mahmuda, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, kepada Indopos, kemarin (21/6).

Kepala Dinas Damkar PB DKI Jakarta, Paimin Napitupulu, mengakui hidran air di ibu kota banyak rusakSelain itu, pasokan air dari perusahaan air minum (PAM) menurutnya juga tidak mencukupiAkibatnya, petugas di lapangan selalu terkendala ketika hendak melakukan pemadaman kebakaran"Untuk itu, perbaikan hidran yang terus kami upayakan, harus juga didukung dengan penambahan pasokkan air," terangnya(dni/wok/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Arab Puncak Mulai Exodus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler