7 Bahaya Makan Buah Naga Berlebihan, Penyakit Ini Bakalan Mengintai Anda

Sabtu, 28 Januari 2023 – 08:22 WIB
Buah Naga. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PARA ahli kesehatan menyarankan agar kita selalu mengonsumsi berbagai buah.

Ada banyak jenis buah yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari buah naga, mangga, stroberi, pisang, jeruk, semangka, manggis, rambutan, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Naga, Cegah Timbulnya Penyakit Kronis Ini

Buah naga bisa Anda olah dalam bentuk salad, jus dan juga es buah. Buah naga kini menjadi salah satu buah populer karena berbagai kandungan nutrisinya.

Meski baik untuk kesehatan, nyatanya masih banyak orang yang belum memahami efek samping makan buah naga yang bisa mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

BACA JUGA: 3 Manfaat Air Lemon, Cegah Anda Terserang Penyakit Ini

Berikut bahaya makan buah naga secara berlebihan yang bisa menimbulkan risiko kesehatan, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Kelebihan antioksidan

Buah naga mengandung berbagai antioksidan, seperti vitamin C dan komponen antioksidan lain, termasuk fitonutrien, polifenol, dan karotenoid.

BACA JUGA: 3 Manfaat Buah Naga yang Bikin Kaget, Nomor 2 Lega Banget

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, seluruh kandungan antioksidan ini bekerja dengan menargetkan sel radikal bebas yang berpotensi merusak sistem tubuh.

Akan tetapi, efek samping buah naga mungkin mengintai apabila Anda mengonsumsinya terlalu banyak dalam jangka panjang.

Alih-alih menargetkan radikal bebas, bahaya buah naga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak justru dapat merusak sel-sel tubuh yang sehat.

2. Gangguan pencernaan

Bahaya buah naga apabila dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa membuat nutrisi lain yang Anda konsumsi, tidak terserap dengan baik saat melewati usus.

Alhasil, gangguan pencernaan pun bisa terjadi. Misalnya, perut kembung, sakit perut, hingga penyumbatan usus.

Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi buah naga dalam porsi yang cukup agar manfaat serat yang terkandung di dalamnya bisa berfungsi maksimal dengan cara melancarkan sistem pencernaan.

3. Reaksi alergi

Walaupun makan buah naga menyehatkan tubuh, sejumlah hasil penelitian melaporkan bahwa efek samping buah naga bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang sesaat setelah mengonsumsinya.

Reaksi alergi yang mungkin muncul, antara lain bibir atau lidah membengkak, rasa kesemutan atau gatal di mulut, kulit gatal, meradang, ruam, biduran, hingga mual dan muntah.

Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi ini, sebaiknya hentikan konsumsi buah naga.

4. Interaksi dengan obat hipertensi

Efek samping buah naga selanjutnya adalah adanya interaksi dengan obat darah tinggi.

Penderita hipertensi yang mengonsumsi buah naga bersamaan dengan minum obat darah tinggi atau obat hipertensi dari dokter bisa mengganggu efektivitas kerja obat.

5. Meningkatkan risiko hipotensi

Buah naga memang diyakini bisa mengendalikan tekanan darah.

Manfaat buah naga untuk kesehatan ini bisa didapat jika Anda mengonsumsinya dalam takaran yang cukup.

Pasalnya, kandungan kalium pada buah naga yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menurunkan tekanan darah hingga di bawah batas normal atau hipotensi.

Gejala penyakit hipotensi di antaranya merasa lelah, pusing, mual, pandangan kabur, merasa bingung, hingga kehilangan kesadaran.

6. Urine berwarna merah muda

Salah satu efek samping buah naga adalah menyebabkan urine berwarna merah muda.

Jika Anda makan buah naga yang dagingnya berwarna merah dalam jumlah berlebihan, warna urine kamu mungkin akan mengalami perubahan menjadi merah muda.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena warna urine akan kembali seperti semula ketika buah naga sudah keluar dari tubuh sepenuhnya.

7. Meningkatkan risiko hipoglikemia

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk penderita diabetes.

Kandungan serat pada buah naga bisa mengurangi penyerapan gula dalam darah.

Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga bisa dengan mudah diserap oleh tubuh menjadi energi sehingga menyeimbangkan efek samping gula.

Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup apabila tidak ingin mengalami efek samping buah naga yang ditimbulkan.

Bahaya buah naga yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan penurunan penyerapan gula dalam darah sehingga meningkatkan risiko hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah mengalami penurunan drastis sehingga menimbulkan gejala, seperti keringat berlebih, rasa lapar berlebihan, merasa lelah, pusing, bibir kesemutan, hingga pingsan.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler