7 Makanan Tinggi Dopamin Ini Bantu Tingkatkan Suasana Hati Anda

Sabtu, 01 Juni 2024 – 02:00 WIB
Yoghurt. Foto hello sehat

jpnn.com, JAKARTA - TIDAK selamanya hidup yang Anda jalani itu indah. Ada kalanya suasana hati Anda menjadi buruk karena beberapa hal.

Tidak bisa disangkal fakta bahwa kesulitan, patah hati, penipuan, perjuangan, kebosanan, kelelahan, dan banyak situasi sulit lainnya dalam hidup adalah penyebab pasti dari suasana hati Anda yang buruk.

BACA JUGA: Tingkatkan Suasana Hati dengan Mengonsumsi 4 Makanan Ini

Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan fakta bahwa sama seperti semua hal lain di tubuh kamu, reaksi negatif ini pun diatur oleh hormon Anda?

Menurut beberapa penelitian termasuk yang diterbitkan dalam jurnal Nature Review Neuroscience, dopamin, yang bertindak sebagai hormon dan neurotransmitter kimiawi dalam tubuh Anda (bertanggung jawab membawa sinyal dari otak ke seluruh tubuh) bisa menciptakan perasaan senang.

BACA JUGA: Bahan Alami Ini Bisa Meningkatkan Dopamin di Otak Anda

Dopamin memberi penghargaan dan membantu Anda tetap bahagia dan termotivasi.

Meskipun Anda hanya membutuhkan jumlah yang tepat untuk menjadi bahagia, kelebihan dopamin bisa membuat kamu berhalusinasi atau menyebabkan mania atau skizofrenia.

BACA JUGA: Atasi Suasana Hati Anda yang Buruk dengan Mengonsumsi 8 Buah Ini

Di sisi lain, berkurangnya produksi dopamin bisa menyebabkan demotivasi, kesedihan, kelelahan, dan bahkan depresi.

Jika Anda termasuk dalam kategori terakhir, hal ini mungkin bisa membantu kamu.

Olahraga yang tepat dan mengonsumsi makanan penambah dopamin ini secara alami bisa meningkatkan kadar hormon ini dan mengembalikan motivasi, energik, dan suasana hati kamu.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Untuk memproduksi dopamin, tubuh Anda perlu memecah asam amino yang dikenal sebagai tirosin, yang banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti almond dan kenari, serta biji-bijian seperti biji rami.

Mengonsumsi segenggam makanan tersebut di siang hari bisa meningkatkan kadar dopamin dan banyak membantu Anda.

2. Makanan non-vegetarian

Dari ayam, telur, dan daging hingga ikan dan udang, semua makanan yang kaya protein pasti kaya akan tirosin menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Ini berarti bahwa meningkatkan asupan non-sayuran juga bisa meningkatkan kadar dopamin Anda.

3. Protein vegetarian

Jika Anda seorang vegetarian, kamu memiliki pilihan seperti kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk mendapatkan dosis tirosin yang banyak dan akibatnya meningkatkan produksi dopamin Anda.

4. Susu dan produk susu

Keju, susu, yoghurt, pada dasarnya, semua produk susu merupakan sumber tirosin yang baik dan karenanya merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan produksi dopamin Anda.

5. Cokelat

Camilan manis bekerja dalam dua cara. Pertama, mereka menghasilkan hormon perasaan senang, serotonin, di dalam tubuh.

Kedua, cokelat mengandung sejumlah kecil senyawa yang disebut phenylethylamine, yang merangsang sel-sel otak Anda untuk melepaskan dopamin, atau lebih, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Georgia Health Sciences University.

6. Stroberi

Stroberi juga bisa meningkatkan produksi serotonin dan dopamin dalam tubuh menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neural Regenerasi Research.

7. Kopi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Translational Psychiatry, kafein yang ada dalam kopi bisa membuat otak waspada dan meningkatkan produksi dopamin.

Inilah sebabnya mengapa Anda cenderung merasa lebih terjaga dan fokus setelah mengonsumsi minuman berkafein tersebut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Cara Atasi Perubahan Suasana Hati


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler