7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Jumat, 09 Agustus 2024 – 02:00 WIB
Roti tawar. Foto: MoveAsia/Shutterstock

jpnn.com, JAKARTA - DIABETES merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus segera diobati.

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi hormon insulin, yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA: Mengenal Diabetes dalam Kehamilan, Dampak dan Penanganannya 

Apa yang Anda makan dan hindari selama diabetes penting karena pola makan memainkan peran penting dalam menjaga kadar gula darah kamu.

Meskipun karbohidrat manis dan bertepung bisa meningkatkan gula darah Anda, jumlah makanan yang tepat bisa membantu kamu menjaga keseimbangan makanan.

BACA JUGA: 5 Makanan Tinggi Serat yang Wajib Anda Konsumsi

Pola makan yang sehat penting untuk menjaga kesehatan Anda, terutama jika kamu penderita diabetes.

Penting bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan yang tepat untuk menjaga kadar gula darahnya tetap terkendali.

BACA JUGA: 5 Buah Musuh Terbesar Penderita Diabetes

Diet diabetes umumnya berarti mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi berbeda dan rendah kalori dalam jumlah sedang.

Asupannya harus sesuai dengan pengeluarannya, jika tidak maka akan terjadi ketidaksesuaian dan ketidaknyamanan.

Memang benar bahwa penderita diabetes harus makan dengan benar untuk menyeimbangkan kadar gulanya.

Namun, pola makan menjadi lebih penting ketika penderita diabetes sedang menjalani pengobatan hipoglikemik oral dan insulin.

Diet diabetes harus mencapai keseimbangan yang tepat antara karbohidrat, protein dan lemak, bersama dengan serat dan mikronutrien, yang membantu Anda mencapai kandungan glikemik yang tepat dari keseluruhan makanan.

Pola makan bergizi bagi penderita diabetes mencakup porsi besar sayuran, mencakup lebih dari 50 persen makanan, baik dimasak atau mentah.

Pola makan yang kaya karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan millet, harus mencakup 25 persen makanan, sedangkan 25 persen sisanya harus berasal dari sumber protein, seperti lentil, putih telur, paneer, jamur, dada ayam, dan ikan. .

Penting untuk mengonsumsi buah non-manis setiap hari bersama dengan buttermilk dan yoghurt agar tetap terhidrasi dan meningkatkan kekebalan.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, ada juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari penderita diabetes.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Kue kering

Terbuat dari tepung, gula, dan produk susu, kue kering merupakan makanan penutup tinggi karbohidrat yang bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak, sehingga menyulitkan Anda untuk mengatur kondisi kamu.

2. Roti

Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah yang menimbulkan konsekuensi buruk seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal. Jadi, hindari makan roti, apalagi jika Anda alergi.

3. Biskuit

Kebanyakan biskuit mengandung banyak karbohidrat dan gula, yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Jadi, sebaiknya hindari makan biskuit jika Anda menderita diabetes. Meskipun Anda mengonsumsi biskuit rendah karbohidrat dan gula, kamu tidak boleh berlebihan.

4. Tepung halus

Tepung olahan atau maida mengandung lebih dari 70 persen pati, sedikit protein, dan sedikit atau tanpa vitamin, mineral, atau serat.

Mengonsumsinya secara teratur bisa meningkatkan kemungkinan terkena resistensi insulin dan diabetes. Oleh karena itu, hal ini juga tidak baik bagi penderita diabetes.

5. Gula

Gula tidak baik bagi Anda jika kamu penderita diabetes, jadi lebih baik kurangi konsumsi gula.

Namun, American Diabetes Association menemukan bahwa penderita diabetes boleh mengonsumsi permen, cokelat, atau makanan manis lainnya, tetapi hanya sebagai bagian dari pola makan sehat dan dalam jumlah sedang.

6. Sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS)

Juga dikenal sebagai glukosa-fruktosa, sirup glukosa-fruktosa, HFCS adalah pemanis yang dibuat menggunakan pati jagung.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Global Public Health menemukan prevalensi diabetes lebih tinggi di negara-negara dengan ketersediaan HFCS yang tinggi dibandingkan dengan negara-negara dengan ketersediaan HFCS yang rendah.

7. Makanan olahan

Tidak ada makanan olahan yang baik untuk penderita diabetes karena mengandung pengganggu endokrin dan AGEs (produk akhir glikasi lanjutan) yang bisa menyebabkan kanker dan penuaan dini selain komplikasi diabetes.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sakit Kepala Menyerang


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
diabetes   Makanan   Biskuit   gula  

Terpopuler