7 Minuman Sehat yang Bantu Anda Mudah Tidur Nyenyak Malam Ini

Senin, 23 Mei 2022 – 04:53 WIB
Ilustrasi susu hangat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK orang yang saat ini mengalami insomnia. Insomnia itu sendiri merupakan satu kondisi yang mengakibatkan seseorang sulit tidur nyenyak di malam hari.

Biasanya, untuk membantu mudah tidur nyenyak, penderita insomnia mengonsumsi obat tidur.

BACA JUGA: 4 Minyak Alami Ini Bakalan Bantu Anda Tidur Nyenyak di Malam Hari

Namun, mengonsumsi obat tidur tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Nah, ada beberapa minuman sehat yang bisa membantu Anda tidur nyenyak malam ini.

BACA JUGA: 3 Minuman Sehat Ini Bakalan Bikin Anda Kenyang Lebih Lama

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Intermountainhealthcare.

https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2016/08/10-drinks-to-help-you-sleep-at-night/?fbclid=IwAR3YXrGYjIwxRQB-PmBRNdyn5m7RPdT2QaQuLtkMDGm- u14EROBMWl3aF1w.

BACA JUGA: Migrain Kumat, Atasi Saja dengan Mengonsumsi 8 Minuman Sehat Ini

1. Susu Hangat

Susu mengandung sejumlah besar asam amino triptofan. Triptofan juga hadir dalam makanan penuh karbohidrat, yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang merasa mengantuk setelah makan besar.

Setelah triptofan dikonsumsi, itu diubah menjadi hormon melatonin alami dalam tubuh, yang membantu mengatur keadaan tidur alami kita.

2. Susu Almond

Mengambil langkah menjauh dari solusi waktu tidur klasik, susu almond bisa menjadi alternatif pengantar tidur yang fantastis.

Menurut penelitian, kehadiran serotonin di otak bisa membantu untuk memulai tidur.

Tingkat serotonin yang sehat dalam sistem saraf pusat kita sering bergantung pada keberadaan triptofan, yang secara alami ditemukan dalam susu sapi dan susu almond.

Susu almond merupakan salah satu minuman sehat yang juga sangat tinggi magnesium dan merupakan nutrisi penting lainnya yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

3. Susu Malt

Susu malt mengandung banyak vitamin B, seng, zat besi, fosfor, dan magnesium, campuran mineral yang sempurna untuk membantu Anda santai sebelum tidur.

4. Teh Valerian

Akar valerian telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat penenang di dunia medis.

Ini juga telah digunakan untuk membantu mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan ketenangan pada orang sebagai obat alami untuk stres.

Ramuan valerian sekarang sering digunakan untuk membantu mengobati gangguan tidur, terutama bagi orang yang menderita insomnia.

Biasanya, itu dikombinasikan dengan lemon balm, hop, dan herbal lain yang diketahui menyebabkan kantuk.

5. Teh Hijau Tanpa Kafein

Teh hijau menghasilkan banyak minat di dunia modern saat ini berkat kemampuannya untuk mempromosikan penurunan berat badan.

Namun, jika Anda menghilangkan dorongan kafein dari teh hijau, teh hijau juga memiliki manfaat yang merangsang tidur.

Teh hijau mengandung asam amino yang dikenal sebagai theanine, yang telah terbukti membantu mengurangi stres dan meningkatkan pola tidur yang lebih nyenyak.

6. Teh Chamomile

Teh chamomile, seperti susu hangat, adalah pilihan lain yang lebih tradisional di dunia solusi tidur alami.

Para ahli telah merekomendasikan penggunaan chamomile selama bertahun-tahun sebagai bantuan bagi mereka yang menderita insomnia.

Seringkali, teh ini sangat menenangkan dan menenangkan serta bebas kafein.

Terkadang, orang akan memasangkan teh chamomile mereka dengan pengobatan alami lainnya, seperti suplemen magnesium, untuk membantu meningkatkan efeknya.

7. Teh Herbal dengan Lemon Balm

Yang terakhir ialah teh herbal bebas kafein. Ketika dicampur dengan lemon balm, teh herbal ini bisa menjadi bantuan tidur yang sempurna bagi siapa saja yang mencari cara alami untuk tertidur.

Lemon balm, yang juga dikenal sebagai balm mint di beberapa daerah, adalah pilihan yang fantastis untuk menghilangkan stres, melawan insomnia, dan mempromosikan tidur yang sehat.

Untuk membuat teh herbal terbaik, mulailah dengan mencuci sekitar 10 daun lemon balm dan menambahkannya ke teko Anda dengan air mendidih.

Biarkan dingin selama sekitar lima menit sebelum menambahkan sesendok madu dan meminumnya selagi panas.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler