700 KK di Rel KA akan Direlokasi

Kamis, 25 Maret 2010 – 17:42 WIB

JAKARTA- Sekitar 700 kepala keluarga (KK) yang tinggal di pinggir rel kereta api (KA) akan direlokasi oleh pemerintah pusat ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa)Menurut Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa, hal itu merupakan bagian dari program penataan lingkungan kumuh di sepanjang lintasan rel KA mulai dari Stasiun Tanjung Priuk hingga Stasiun Jakarta Kota.

“Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, setidaknya baru sekitar 700 KK yang tinggal di pinggir rel KA yang akan direlokasi ke Rusunawa,” kata Suharso Monoarfa  dalam rilis resmi yang dikirimkan ke JPNN, Kamis (25/3).

Dijelaskannya, jika melihat hasil peninjauan lapangan tersebut, jumlah masyarakat yang akan direlokasi tentunya akan terus bertambah

BACA JUGA: Tiap Tahun, Diperlukan Pembangkit 3.000 MW Listrik

Pasalnya, banyak masyarakat yang membangun rumahnya tepat di pinggir rel KA.

“Kami perkirakan jumlah warga yang akan direlokasi akan terus bertambah
Jika saat ini jumlahnya baru sekitar 700 KK, maka tidak tertutup kemungkinan angkanya mencapai lebih dari 1.000 KK,” terangnya.

Terkait dengan relokasi warga, Menpera menjelaskan pihaknya tidak akan menggunakan cara-cara kekerasan untuk memindahkan warga ke Rusunawa

BACA JUGA: Ditawarkan, Infrastruktur 20 Ribu Kilometer

Tetapi lewat pendekatan persuasif yaitu terus berkoordinasi dengan Pemda maupun Kementerian terkait


Ditambahkannya, pihaknya ke depan akan mengkaji lokasi yang disiapkan oleh Pemda DKI Jakarta untuk Rusunawa tempat relokasi warga yang tinggal di pinggir rel

BACA JUGA: Target Investasi USD90 Miliar

Rusunawa itu diharapkan bisa dibangun di lokasi yang strategis dan dekat dengan aktifitas warga.

"Tingginya tingkat kepadatan penduduk serta makin sulitnya lahan untuk perumahan di Jakarta membuat masyarakat banyak yang memilih tinggal di kawasan kumuhMereka bahkan membangun rumah di pinggir rel sehingga laju kereta api menjadi terhambat," tutur Menpera.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II ikut serta dalam peninjauan lapangan dengan menggunakan KADi antaranya Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto dan Menteri Sosial Djafar Asegraf.

Dalam kegiatan itu, para menteri serta pejabat dari kementerian terkait melakukan peninjauan lapangan dengan menyusuri kawasan permukiman kumuh di sepanjang rel dengan KA.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wapres Optimis Mampu Bersaing


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler