8 Aplikasi Ini Bantu Traveling jadi Lebih Mudah

Kamis, 16 Agustus 2018 – 06:00 WIB
Sungai Han di Korea Selatan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - TRAVELING ke luar negeri kini lebih mudah. Selain semakin banyak maskapai yang membuka penerbangan dari dan ke Indonesia.

Tak hanya itu kini semakin banyak pula aplikasi yang menyediakan berbagai informasi seputar traveling.

BACA JUGA: Tuntutan 3 Tahun Penjara buat Si Cantik Eks Pramugari Garuda

Kemudahan ini tentu saja bisa semakin memanjakan para wisatawan asal Indonesia.

Jadi bagi Anda berencana untuk berlibur ke luar negeri, berikut ini beberapa aplikasi yang siap membuat traveling Anda jauh lebih mudah:

BACA JUGA: Garuda Kerahkan Pesawat Berbadan Lebar Rute Lombok-Denpasar

App in the Air

Aplikasi App in the Air berfungsi layaknya asisten pribadi yang mencatat segala jadwal keberangkatan Anda. Aplikasi ini, apabila Anda izinkan, bisa memindai inbox email Anda untuk mencari jadwal penerbangan yang biasanya dikirimkan oleh agen melalui email. Aplikasi ini juga bisa memberikan notifikasi bahwa jadwal online check-in dari penerbangan Anda telah dibuka, kapan boarding dibuka, dan kapan boarding ditutup.

BACA JUGA: Garuda Indonesia Siapkan Extra Flight Rute Lombok - Denpasar

Trips by Lonely Planet

Lonely Planet sebagai salah satu website traveling terbesar menelurkan sebuah aplikasi yang memuat segala informasi yang berkaitan dengan traveling. Masing-masing pengguna aplikasi ini juga bisa saling membagikan kisah-kisahnya selama traveling, lengkap dengan foto dan itinerary. Sehingga Anda bisa mendapatkan referensi yang lebih mendalam soal destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi.

Airbnb

Airbnb merupakan sebuah revolusi di bidang traveling. Dengan Airbnb, Anda bisa menemukan berbagai alternatif pilihan penginapan unik yang sebelumnya tidak mudah untuk ditemui. Kebanyakan penginapan yang ada di Airbnb sendiri dimiliki dan dikelola oleh orang pribadi. Jadi, ada kemungkinan Anda dapat bertemu dengan sang pemilik. Kebanyakan pemilik juga siap membantu dan memberikan segala informasi terkait destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

Withlocals

Bagi Anda yang bosan dengan destinasi wisata mainstream, mungkin bisa mencoba aplikasi Withlocals. Di aplikasi ini, Anda bisa terhubung dengan puluhan travel guide yang merupakan warga lokal. Setiap panduan ini pun memiliki itinerary sendiri dan biasanya destinasi yang ditawarkan cukup unik. Bersama pemandu lokal ini, Anda bisa merasakan wisata layaknya warga lokal, sehingga jadi jangan kaget apabila Anda dibawa menuju hidden gems yang luput dari perhatian dunia.

XE Currency
Berwisata ke luar negeri tentu perlu mempersiapkan pengetahuan tentang nilai kurs atau nilai mata uang dari negara yang ingin Anda kunjungi. Aplikasi XE Currency memberikan segala informasi soal kurs mata uang rupiah dengan disandingkan mata uang asing. Aplikasi ini juga menyajikan grafik kenaikan dan penurunan dari mata uang rupiah.

Elk

Elk juga merupakan aplikasi konverter mata uang. Hanya saja penggunaan aplikasi ini jauh lebih sederhana. Pengguna hanya perlu memasukkan nominal uang yang ingin dikonversikan ke mata uang asing. Hasilnya pun dapat dilihat secara real time.

Google Maps

Google maps masih terbukti menjadi juara aplikasi navigasi. Dengan aplikasi ini, Anda bukan hanya mendapatkan navigasi turn-by-turn yang lebih komprehensif saja, tetapi juga segala kafe, restoran, hotel, ATM, pom bensin, dan lain sebagainya. Anda pun juga bisa melihat tingkat kepadatan jalan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki informasi angkutan publik yang bisa Anda gunakan untuk mencapai destinasi yang Anda inginkan.

Google Translate

Google translate masih merupakan salah satu aplikasi penerjemah terbaik. Perbaikan yang terus dilakukan oleh Google pun semakin membuat aplikasi ini dapat diandalkan. Kini Anda dapat mendapatkan terjemahan dari percakapan langsung, maupun melalui foto. Jadi apabila Anda menemui papan penunjuk jalan, atau papan nama yang tidak paham artinya, cukup arahkan kamera smartphone Anda dan Google Translate akan menerjemahkannya untuk Anda.

Dengan menggunakan 8 aplikasi di atas, traveling Anda dijamin akan semakin mudah.

Anda bisa mengetahui objek-objek wisata yang menarik, beristirahat di penginapan yang unik, bergaul dengan warga lokal, dan tentu saja menjaga pengeluaran biaya traveling Anda.

Tidak memahami bahasa lokal pun tidak lagi menjadi beban yang menghalangi untuk Anda traveling ke luar negeri.

Terlebih lagi dengan banyaknya maskapai tanah air yang menawarkan penerbangan internasional dengan harga yang menarik, contohnya Garuda Indonesia. Jadi tunggu apa lagi? Ayo warnai pengalaman hidup Anda dengan traveling! (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setelah ini Bu Rini Yakin Kinerja Keuangan Garuda Makin Baik


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler