8 Fakta Menarik Dolby Theatre, Rumah Piala Oscar

Minggu, 04 Maret 2018 – 16:39 WIB
Dolby Theatre saat perhelatan Academy Awards alias The Oscars

jpnn.com - Dolby Theatre resmi dibuka pada 2001. Disebut Kodak Theatre, sesuai perusahaan yang membeli hak penamaan. Dan, sejak itu pula, gedung rancangan David Rockwell tersebut menjadi ’’rumah’’ The Oscars. Berikut sejumlah fakta menarik tentang teater di Distrik Hollywood, Los Angles tersebut. (c17/na)

 

BACA JUGA: Ini Prediksi Pemenang Oscars Versi Jawa Pos

1. Kapasitas Terbatas

Dolby Theater berkapasitas 3.400 tempat duduk. Namun, di malam Oscars, hanya 3.300 seat yang dipasang.

BACA JUGA: Mengintip Dolby Theatre, Rumah Piala Oscar

 

2. Warna Karpet Eksklusif

BACA JUGA: Berharap Ada Kejadian Memalukan Lagi di Panggung Oscars

Karpet Dolby Theatre bukan berwarna merah tradisional. Menurut pengamatan LA Times, warnanya mendekati burgundy. Pengelola Dolby Theatre merahasiakan detail shade itu agar tidak ditiru oleh red carpet lain di dunia.

 

3. Kerja Rodi Pasang Karpet

Panjang red carpet The Oscars mencapai 500 kaki (152,4 m). Jika ditambah dengan sisi-sisi Hollywood Boulevard yang ditutup karpet, totalnya mencapai 900 kaki atau 275 meter. Dibutuhkan 18 orang untuk memasangnya sejak Rabu.

 

4. Red Staircase

Red carpet dipasang dari Hollywood Boulevard, lalu masuk Dolby Theatre melalui lobi depan. Lantas, karpet terputus di tangga utama (grand staircase) dan baru tersambung lagi di puncak tangga hingga mulut pintu hall utama. Agar tak terlihat putus, warna tangga didesain seperti karpet.

 

5. Sekali Pakai

Bagaimana ya cara mencuci karpet sepanjang itu? Tak perlu dibayangkan. Sebab, karpet Oscars hanya digunakan sekali. Setelah dipakai, karpet tersebut langsung dihancurkan.

 

6. Perimeter Luas

Pengamanan di Hollywood Boulevard dipasang berlapis. Sejak 50 meter dari Dolby Theatre, semua tamu yang masuk harus menunjukkan tiket, bahkan Meryl Streep sekalipun.

 

7. Sambutan Meriah

Setiba di red carpet, nomine dan undangan disapa oleh fans di sisi kanan dan pers di sisi kiri karpet. Hanya ada 50 fotografer pilihan yang boleh memotret di red carpet. Untuk fans, disediakan 735 tempat duduk. Mereka adalah pemenang kontes yang diadakan sponsor, pemenang lotere, hingga teman atau kerabat pada undangan.

 

8. Ekstra Berkilau

Tiap tahun ada sekitar 500 ribu kristal Swarovski yang dipasang di panggung Oscars. Khusus perayaan ke-90 nanti, jumlahnya naik hingga 45 juta kristal.

BACA ARTIKEL LAINNYA... 12 Momen Tak Terlupakan di Oscars dari Masa ke Masa


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler