Ini Prediksi Pemenang Oscars Versi Jawa Pos

Minggu, 04 Maret 2018 – 07:07 WIB
Piala Oscar. Foto: CNN

jpnn.com - Minggu waktu setempat atau besok pagi, Senin (5/3) WIB, Academy Awards Ke-90 digelar di Dolby Theatre, Hollywood. Puluhan piala dari 24 kategori bakal didistribusikan kepada para sineas dan aktor terbaik sepanjang tahun lalu. Rasa penasaran moviegoers pun akan terjawab.

Seperti tahun lalu, ada beberapa kategori yang tak terbantahkan. Terutama dari kategori pemain. Mulai Best Actress, Best Actor, hingga Best Supporting Actress dan Best Supporting Actor seperti sudah ditentukan pemiliknya sejak perhelatan Golden Globes Januari lalu. Kritikus dan media Hollywood pun kompak menyebut nama-nama itu dalam prediksi mereka.

BACA JUGA: Mengintip Dolby Theatre, Rumah Piala Oscar

Yang masih gelap justru calon pemilik gelar Best Picture. Media terpecah antara The Shape of Water dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri. Time malah menjagokan Get Out. Three Billboards dan The Shape of Water berlaga di kategori yang sama dalam Golden Globes lalu, dan Three Billboards menang.

Namun, ada elemen-elemen kejutan yang membuat sejumlah media, termasuk The Hollywood Reporter, menjagokan film percintaan antara perempuan bisu dan makhluk amfibi tersebut.

BACA JUGA: Berharap Ada Kejadian Memalukan Lagi di Panggung Oscars

Well, siapa pun boleh punya perkiraan, kan? Berikut prediksi versi Jawa Pos untuk acara yang dapat disaksikan di HBO mulai pukul 06.30 WIB itu. (adn/c18/na)

 

BACA JUGA: 12 Momen Tak Terlupakan di Oscars dari Masa ke Masa

Best Picture

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

Tidak seperti 23 kategori lainnya, Academy menetapkan cara voting yang berbeda untuk Best Picture. Para voter diminta mengurutkan sembilan film nominasi. Dimulai dari nomor 1, yang menurut mereka terbaik, hingga nomor 9. Hal itu membuat persaingan makin sulit.

Kenapa memilih Three Billboards? Well, film arahan Martin McDonagh itu mengusung perjuangan seorang ibu yang mencari keadilan atas pemerkosaan dan kematian putrinya. Cerita tersebut sangat related dengan gerakan #MeToo dan Time’s Up yang gencar diusung di Hollywood sejak awal tahun ini. Emosi anggota Academy bisa dimanfaatkan untuk menempatkan Three Billboards di urutan teratas balot mereka.

Three Billboards telah menuai kemenangan di Golden Globes, SAG Awards, dan BAFTA. Ditambah, dalam lima tahun terakhir, empat pemenang Best Picture Oscar tidak memenangkan Best Director. Hal itu membuat Three Billboards yang tidak masuk nominasi Best Director makin optimistis untuk menang.

 

Best Animated Feature

Kategori ini menjadi ajang battle film animasi indie, Loving Vincent dan The Breadwinner, dengan film-film produksi studio raksasa. Yakni, The Boss Baby (Dreamworks), Ferdinand (20th Century Fox), dan Coco (Disney Pixar). Namun, rasanya sangat sulit bagi empat film lain untuk mengalahkan Coco. Karya Lee Unkrich itu punya paket lengkap. Mulai visualisasi yang luar biasa, plot cerita yang mengharukan, hingga lagu-lagu yang bikin earworm. Coco juga telah meraih trofi Golden Globes, BAFTA, dan Annie Awards.

 

Best Actress

Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)

Dia memerankan karakter Mildred, seorang ibu yang memperjuangkan hak-hak putrinya, dengan sangat apik. Dia menjadi gambaran nyata perempuan dalam era ketika kekerasan seksual tidak dianggap penting. Hal itulah yang memperkuat peluang McDormand. Dia akan mengalahkan Meryl Streep, Saoirse Ronan, Margot Robbie, dan Sally Hawkins. Kemenangan di BAFTA, Critics’ Choice Awards, dan Golden Globes menguatkan posisi McDormand. Penantang terkuat peraih Best Actress 1997 itu adalah Hawkins, yang juga dijagokan banyak kritikus.

 

Best Actor

Gary Oldman (Darkest Hour)

Tidak ada nama lain. Tahun ini, pemenang Oscar untuk kategori ini ditemukan sejak Golden Globes. Gary Oldman. Tak ada satu pun media atau kritikus yang menyebut nama lain. Aktingnya sebagai perdana menteri (PM) Inggris pada zaman Perang Dunia II Winston Churchill memang sangat matang. Tak hanya berubah secara fisik (berkat make-up Kazuhiro Tsuji), Oldman mengubah suara dan cara bicaranya demi menirukan si PM cerewet. Sebagai bekal, Oldman telah merebut gelar Golden Globes, SAG Awards, Critics’ Choice Awards, dan BAFTA. Jika sukses, ini akan jadi Oscar pertama baginya.

 

Best Supporting Actor

Sam Rockwell (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri)

Masih ingat ketika kritikus menjagokan Willem Dafoe di Golden Globes Januari lalu? Prediksi itu dipatahkan Sam Rockwell. Hal serupa akan terjadi pada Oscars kali ini. Kemenangan Rockwell di Golden Globes sempat menuai kritik. Sebab, karakter Jason Dixon yang diperankannya dianggap tidak bermoral dan memberikan contoh buruk dalam masyarakat. Namun, tampaknya, voter The Academy tidak begitu memedulikan kritik tersebut. Bagaimanapun, akting Rockwell sangat menawan. Buktinya, dia juga diganjar trofi di SAG Awards, Critics’ Choice Awards, dan BAFTA.

 

Best Supporting Actress

Allison Janney (I, Tonya)

Tiap nomine kategori ini memerankan karakter perempuan tangguh. Namun, tak bisa dimungkiri, Allison Janney sangat stand out. Memerankan LaVona Golden, ibu Tonya Harding (Margot Robbie), Janney digambarkan sebagai ibu yang sangat kasar dan keras. ’’Aku memerankan banyak ibu dalam hidupku. Tapi, tidak ada yang tingkatnya sekacau ini,’’ kata Janney kepada NYTimes. Seperti Rockwell, Janney meraih SAG Awards, Golden Globes, Critics’ Choice Awards, dan BAFTA.

 

Best Director

Guillermo del Toro (The Shape of Water)

Semua media sepakat menjagokan Guillermo del Toro untuk kategori ini. Sebelumnya, Del Toro meraih trofi Golden Globes, Critics’ Choice Awards, dan BAFTA. Plus yang terpenting, Director Guild of America (DGA) Awards. Penghargaan terakhir itu menjadi indikasi yang paling kuat. Dari 69 tahun penyelenggaraan DGA, hanya tujuh kali pemenang DGA tidak memenangkan Oscar. Apalagi, film saingannya, Three Billboards Outside Ebbings, Missouri, tidak masuk nominasi Best Director. Saingan terberat Del Toro adalah Jordan Peele (Get Out).

 

Best Original Screenplay

Jordan Peele (Get Out)

Di antara nomine Skenario Asli Terbaik lain, Get Out paling menonjol. Film yang disutradarai dan ditulis Jordan Peele itu berjaya di box office (meraup USD 255 juta atau Rp 3,5 triliun di seluruh dunia) dan masuk tiga nominasi lain. Yakni, Best Picture, Best Actor untuk Daniel Kaluuya, dan Director untuk Peele. Jika dibandingkan dengan The Shape of Water dan Three Billboards, film bergenre horor itu sepertinya akan kalah. Namun, tampaknya, anggota Academy ingin memberikan apresiasi buat Get Out. Yakni, dengan trofi Best Original Screenplay. Kemenangannya dalam Writers Guild of America (WGA) Awards Februari lalu turut memperkuat posisinya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... A Wrinkle In Time Mencuri Perhatian Jelang Oscars


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler