80 Perusahaan Buka Lowongan Kerja di Job Fair

Rabu, 13 September 2017 – 00:56 WIB
Bursa kerja. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Sedikitnya 80 perusahaan ikut job fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, di Hotel Phinisi Point, 27-28 September 2017. Dari 80 perusahaan itu di antaranya sejumlah bank swasta dan BUMN.

Masyarakat yang tertarik ikut diminta segera menyiapkan kartu tanda pencari kerja (AK1) atau kartu kuning.

BACA JUGA: Ini Angin Segar Bagi Ribuan Pencari Kerja

Kartu kuning bisa diurus langsung di Kantor Dinas Ketenagakerjaan Makassar, Jl AP Pettarani. Kartu itu menjadi salah satu syarat untuk bisa ikut job fair yang kedua kalinya tahun ini.

Pencari kerja juga diminta melengkapi kelengkapan data diri seperti curriculum vitae dan ijazah.

BACA JUGA: Ramai-Ramai Buka Lowongan Kerja, Industri Batam Mulai Bergairah

"Syaratnya, menyiapkan curriculum vitae, ijazah, kartu tanda pencari kerja. Untuk mengurus AK1, bisa datang ke kantor, tiap hari kita buka pelayanan AK1," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker Makassar, Rahmat Mappatoba, seperti diberitakan Fajar (Jawa Pos Group).

Rahmat menjelaskan, 80 perusahaan yang terlibat ini, perusahaan milik swasta dan BUMN, baik lokal maupun nasional.

BACA JUGA: Pengumuman Lowongan Kerja Keduluan Yang Palsu

Sementara posisi yang disiapkan, kata Rahmat bervariasi, di antaranya manager, marketing, teller, costumer servis dan lainnya.

Namun, kata dia, untuk daftar perusahaan yang dinyatakan fix ikut harus menunggu hingga lima hari sebelum hari H. Alasannya perusahaan yang akan dihimpun masih diseleksi.

"Yang jelasnya ada perusahaan BUMN, perbankan, rumah sakit, sudah ada yang antre. Tapi belum bisa dipublikasikan, jangan sampai tiba-tiba ada pembatalan. Kita masih sortir," jelasnya.

Rahmat menyebutkan pencari kerja yang memegang kartu kuning saat ini mencapai 7.760. Sedangkan data BPS tahun 2015 pengangguran di Makassar capai 71.706.

Bagi yang belum memiliki kartu kuning, lanjutnya, pihaknya juga bakal membuka loket saat pelaksanaan job fair nanti.

"Misalnya pas hari H, pencari kerja mulai dibuka job fair, bisa mengurus di sana. Tapi alangkah baiknya menyiapkan lebih dini. Syaratnya, membawa Curriculum Vitae (CV) dan pas foto 4X6 dan 3X4," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Irwan Bangsawan mengungkapkan, pihaknya menargetkan job fair ini bisa menyerap tenaga kerja hingga 17.000 orang.

"Kita harapkan dengan job fair ini bisa meminimalisasi angka pengangguran di Kota Makassar," jelasnya.

Dia menyatakan, job fair kali ini masih sama seperti sebelum-sebelumnya, yakni memberi kesempatan kepada para pelamar yang berpendidikan SMA, Diploma, Sarjana, hingga Magister. (rul/kas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Job Fair Bukan Solusi Atasi Pengangguran


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler