9 Negara di Dunia yang Punya Tentara-tentara Cantik

Senin, 22 Februari 2016 – 20:08 WIB
Tentara wanita Rusia. Foto: neo journal

jpnn.com - WANITA menjadi tentara? Bukan lagi hal yang aneh. Banyak negara yang kini mengandalkan kaum hawa di angkatan mereka, entah di darat, laut dan udara.

Berikut negara yang memiliki tentara wanita cantik di dunia.

BACA JUGA: ISIS Klaim Bertanggung Jawab Atas Ledakan Bom di Suriah

Norwegia

 

BACA JUGA: Penembak Brutal di Michigan Ternyata Sopir Taksi

Norwegian Army. Foto: neo journal

Wanita di Norwegia mulai masuk militer, tepatnya di Angkatan Darat pada tahun 1938. Kemudian berkembang pada 1947 di semua angkatan. Awalnya hanya bertugas atau melayani masyarakat sipil. Namun di rentang waktu 1977 hingga 1984, Norwegia mulai memperluas peran perempuan dalam militer. Pada tahun 1995, Norwegia memperbolehkan wanita bertugas di kapal selam.

BACA JUGA: Vatikan Perintahkan Politikus Katolik Berjuang Hapus Hukuman Mati

Kanada

Canadian Army. Foto: neo journal

Selama Perang Dunia I dan II, tentara wanita di Kanada hanya terbatas dalam komunikasi, mengemudi alat berat, operasi medis dan kegiatan pendukung lainnya. Tapi pada tahun 1965, mereka memungkinkan perempuan untuk bergabung dalam tiga angkatan bersenjata, meski masih dalam jumlah terbatas, 5.000 perempuan saja. Akhirnya pada tahun 1982, mereka memungkinkan wanita Kanada untuk berpartisipasi dan integrasi penuh di angkatan bersenjata Kanada.

Inggris

British Army. Foto: neo journal

Wanita di Inggris mulai bertugas di Angkatan Darat pada awal 1990-an, tetapi saat itu belum diperbolehkan dalam operasi tempur apapun baik di Angkatan Darat, Marinir Kerajaan dan Angkatan Udara Resimen.

Amerika Serikat

US Army. Foto: neo journal

Wanita mulai menawarkan jasa mereka di Angkatan Darat Amerika Serikat sejak 1775. Mereka merawat yang terluka dan membantu dalam kegiatan di dalam kamp. Tapi di abad ke-20, semuanya telah berubah. Mereka diberi peran penting dalam operasi penting yang berbeda. Pada 2012, lebih dari 165.000 wanita yang terdaftar dan aktif.

Australia

Australian Army. Foto: neo journal

Wanita mulai melayani tentara Australia pada tahun 1899, tetapi mereka hanya terbatas dalam operasi medis sampai Perang Dunia II. Pada tahun 1942, peran mereka telah diperluas dalam memberikan peran dukungan dan memungkinkan mereka sebagai kru di kapal selam. Pada tahun 2011, pemerintah Australia mengizinkan wanita bertempur di garis depan.

Israel

Israel Army. Foto: neo journal

Wanita di Israel diwajibkan melayani dalam pelayanan nasional setelah mereka berusia 18. Ya. itu salah satu sebab tentara Israel dipenuhi perempuan. Bahkan menurut salah satu data, 31% Israel Army adalah wanita.

Rusia

Russian Army. Foto: neo journal

10 Persen kekuatan pasukan militer Rusia dihuni wanita. Bahkan menariknya, mereka mengadakan kontes kecantikan di angkatannya. 

Rumania

Romanian Army. Foto: neo journal

Rumania mungkin tidak menjadi kekuatan militer paling top di dunia. Namun mereka memiliki sesuatu yang setiap tentara di seluruh dunia tidak memiliki. Menurut Sun Poll, negara di Eropa Timur itu memimpin survei sebagai negara yang memiliki tentara paling seksi di dunia. 

Indonesia

Eits..jangan salah. Indonesia juga memiliki tentara wanita nan cantik. Misalnya, wanita berparas ayu ini Serda Nita Bonita. Serda Nita, berseragam TNI AD termotivasi dari san paman yang saat itu berseragam TNI AD. 

Serda Nita. Foto: Balikpapan Pos/JPG

Setelah lulus sekolah, gadis kelahiran Cimahi 8 April 1995 ini bertekad untuk masuk penerimaan TNI AD.

“Semenjak masih SD dulu memang sudah ada cita-cita, ditambah lagi paman saya kebetulan anggota TNI AD. Jadi selepas sekolah, saya didukung beliau untuk mendaftar tentara, melakukan persiapan seperti persiapan fisik sebelum mengikuti tes penerimaan,” ujar Nita.

Nita juga sempat ditawari menjadi model. Pemegang predikat Mojang Jejaka SMAN 2 Ciamis, Jawa Barat selama tiga tahun ini menolak mentah-mentah. “Tapi saya tolak, karena tidak sesuai keinginan saya,” tegasnya. (neo journal/jawapos.com/adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mencurigakan...82 Menit Habiskan Rp 44 Miliar di Meja Judi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler