Abaikan Paripurna, FPDIP Hadiri HUT Partai

Senin, 10 Januari 2011 – 15:20 WIB
JAKARTA - Hari pertama masa kerja anggota DPR dalam tahun 2011 ini ditandai dengan molornya hingga 30 menit jadwal sidang paripurna pembukaan masa sidang III tahun sidang 2010-2011, yang semula dimulai pukul 10.00 mejadi pukul 10.30 Wib.

Salah satu penyebab molornya sidang paripurna DPR kali ini, sebagaimana dikatakan Ketua DPR, Marzuki Alie, karena hampir keseluruhan anggota Fraksi PDIP tengah berada di Lenteng Agung guna memperingati hari ulang tahun (HUT) PDI-P.

"Para anggota Fraksi PDIP mengajukan izin kolektif untuk tidak mengikuti rapat paripurna karena waktunya bersamaan dengan HUT PDI-PBersama kita baru sekitar 15 anggotanya yang hadir dari jumlah keseluruhan 94 orang," jelas Marzuki Alie, saat membuka sidang, Senin (10/1).

Lebih lanjut, setelah paripurna dibuka, Marzuki mengingatkan anggota dewan bahwa DPR memiliki pekerjaan rumah berupa 70 RUU prioritas yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) pada tahun 2011 ini, termasuk RUU tentang Keistimewaan Propinsi DIY.

"Untuk itu, DPR mengharapkan kerjasama penuh dari pemerintah agar RUU prioritas 2011 bisa dituntaskan

BACA JUGA: Februari, Honorer Tertinggal Diangkat CPNS

Utamanya kepada Saudara Presiden, kami mengharapkan tekad yang sama untuk dapat menyelesaikan berbagai RUU yang telah diprioritaskan," ujar Marzuki.

Menurut Marzuki tahun 2011 pelaksanaan fungsi legislasi semakin meningkat
Untuk itu, soal kehadiran para anggota DPR dalam pembahasan RUU dengan sendirinya mejadi sangat penting

BACA JUGA: Pengamat: 2011 Kemiskinan harus Dituntaskan

BACA JUGA: Wakapolri Harus Bebas Rekening Gendut

"Pembahasan RUU hendaknya dapat dilakukan secara efektif dan efisien, dengan lebih menekankan pada substansi materi," kata dia.

Guna mendukung peningkatan kinerja legislasi, pimpinan dewan pun akan berusaha mencari beberapa langkah terobosan melalui pertemuan konsultasi pimpinan dewan dengan pimpinan fraksi-fraksi dan pimpinan Badan Legislasi (Baleg) dalam waktu dekat.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Janji Politik Kada Sering Tak Sejalan dengan RPJM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler