Ada 300 Ribu Pengangguran di Jakarta, Ini Jurus Anies untuk Menguranginya

Jumat, 18 November 2016 – 07:24 WIB
Cagub DKI Anies Baswedan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Angka pengangguran di Jakarta yang mencapai lebih dari 300.000 jiwa mendatangkan keprihatinan dari Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Menurut dia, pengangguran dapat dikurangi dengan cara alternatif, yakni dengan mengikutsertakan warga dalam kegiatan Pemprov DKI Jakarta.

BACA JUGA: Naik Rp 300 Ribu, Ribuan Buruh Kawal Rapat Penetapan UMK 2017

"Kegiatan Pemda sebisa mungkin menggunakan tenaga terampil dari kampung-kampung," ujar Anies, di Jakarta Utara, kemarin (17/11).

Anies mencontohkan, bila Pemprov DKI Jakarta membuat seragam. Biasanya harus pemerintah menggunakan pabrik dalam pembuatan tersebut.

BACA JUGA: Mabes Polri Segera Layangkan Surat Permohonan Cekal Ahok ke Imigrasi

Anies memiliki ide untuk memanfaatkan warga di kampung Jakarta untuk membuat seragam tersebut. 

"Jadi caranya menambah tenaga kerja bukan membikin pabrik. Kami ingin tenaga kerja di Jakarta mendapat pekerjaan. Pemerintah bisa melakukan itu," kata dia.

BACA JUGA: Si Cantik Itu Konon Model, Tinggal di Apartemen Bersama Pria Kemayu

Saat ini, kata Anies, ada sekitar 300.000 warga Jakarta menganggur. Oleh karena itu, penting bagi Pemprov DKI Jakarta bisa memberikan pekerjaan kepada para warga.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD DKI Jakarta M Syarif mendesak Pemprov DKI segera menciptakan lapangan kerja baru guna menanggulangi kemiskinan yang terus bertambah.

Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Selama ini, anggaran daerah sebesar Rp 70 triliun belum maksimal digunakan. APBD bisa digunakan untuk mengurangi masalah kemiskinan dan pengangguran," tandas politisi Gerindra itu. (wok/dil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tumai Ungkap Dana Siluman Di APBD-P Kota Bekasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler